Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

SK Standar Pelayanan Publik 2020
103.68 kb

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan BPS Kabupaten Purbalingga merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  • Pelayanan Perpustakaan;
  • Pelayanan Konsultasi Statistik melalui Media Datang Langsung;
  • Pelayanan Konsultasi Statistik melalui Media Online;
  • Pelayanan Penjualan Publikasi melalui Media Datang Langsung;
  • Pelayanan Penjualan Publikasi melalui Media Online;
  • Pelayanan Penjualan Data Mikro dan Peta Digital Wilayah Kerja Statistik melalui Media Datang Langsung;
  • Pelayanan Penjualan Data Mikro dan Peta Digital Wilayah Kerja Statistik melalui Media Online; dan
  • Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.

               

Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

SK Standar Pelayanan PST BPS Kabupaten Purbalingga Tahun 2022
1 mb
SK Standar Pelayanan Publik 2020
103.68 kb
SK Maklumat Pelayanan BPS Kabupaten Purbalingga Tahun 2022
152.36 kb
Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kompensasi Layanan PST BPS Kabupaten Purbalingga
306.93 kb
Jenis Layanan

SK Standar Pelayanan Publik 2020
483.07 kb
Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 Tentang PNBP yang berlaku di BPS
257.27 kb
Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Nol Rupiah
2.78 mb
Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

1. Front office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung

Front office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung
776.24 kb

2. Front office layanan pengaduan tatap muka langsung

Front office layanan pengaduan tatap muka langsung
321.38 kb
Pelaksana Layanan

Pelaksana Layanan meliputi :

1. Petugas Front Office

2. Petugas Layanan Konsultasi, Perpustakaan, Penjualan Produk BPS, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik

3. Petugas Layanan Pengaduan

Kompetensi Pelaksana Layanan :

1.  Memahami peraturan perundang-undangan.

2.  Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik.

3.  Menguasai prosedur pelayanan.

4.  Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai. 

5.  Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi.

6.  Mampu mengoperasikan sistem pelayanan.

7.  Memiliki ketrampilan bahasa; dan 

8. Bersikap ramah dan sopan.

Jaminan Pelayanan :

Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Pelayanan Berkebutuhan Khusus

Standar Pelayanan Pengguna Berkebutuhan Khusus

SPP Pelayanan Pengguna Berkebutuhan Khusus
228.57 kb

Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus

Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus
840.35 kb

Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar hukum                   :    PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit                                                              Penyelenggara Pelayanan Publik


Pelaksanaan Kegiatan    :    Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan                                                                Data (SKD)”


Periode Pelaksanaan      :    1. Tahunan
                                              2. Semesteran
                                              3. Triwulanan

Pelaksana Kegiatan        :    Tim Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik

Publikasi Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Purbalingga

No Uraian Link Unduh
1 Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Purbalingga Triwulan III 2024 Unduh
2 Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Purbalingga Semester I 2024 Unduh
3 Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Purbalingga Triwulan II 2024 Unduh
4 Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Purbalingga Triwulan I 2024 Unduh
5 Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Purbalingga 2023 Unduh
6 Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Purbalingga 2022 Unduh
7 Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Purbalingga 2021 Unduh
8 Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Purbalingga 2020 Unduh
9 Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Purbalingga 2019 Unduh

Penghargaan
Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

SOP Pengaduan Pengguna Layanan
165.69 kb
SK Tim Whistle Blowing System Tahun 2024
173 kb
SK Tim Pengaduan Pelayanan Statistik Terpadu (PST) Tahun 2024
172.47 kb

Laporan Pengaduan

No Uraian Link Unduh
1 Laporan Pengaduan 2024  Unduh
2 Laporan Pengaduan 2023 Unduh
Booklet atau Leaflet Layanan
Sistem Statistik Nasional (Leaflet)
1.54 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis (Leaflet)
2.16 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral (Leaflet)
1.78 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Online (Leaflet)
5.43 mb
BPS WebAPI (Leaflet)
1.25 mb
Aplikasi ALLSTATS BPS (Leaflet)
1.16 mb
Cara Mengunduh Data BPS (Leaflet)
6.2 mb
Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb
Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
306.06 kb
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS(Leaflet)
961.03 kb
Transdata Sistem Pertukaran Data K/L (Leaflet)
2.22 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
T. (021) 3841195,3842508,3810291-4, Ext : 1017
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial