BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:
Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.
Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.
Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.
Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 65 tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.
Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:
Visi Pelayanan Statistik Terpadu
Penyelenggara Layanan Statistik Berkualitas Untuk Mendukung Indonesia Maju
Tujuan
Meningkatnya Peran Pelayanan Statistik Terpadu dalam Mendukung Sistem Statistik Nasional
Sasaran
Kebijakan Mutu merupakan kebijakan BPS tentang komitmen unit Pelayanan Statistik Terpadu dalam memperhatikan dan mempertimbangkan aspek-aspek mutu dalam aktivitas penyelenggaraan pelayanan statistik.
Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
*Setiap permintaan data akan dilayani sesuai dengan Perka BPS No 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.
Selengkapnya:
Dasar hukum | : | PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik |
Pelaksanaan Kegiatan | : | Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)” |
Periode Pelaksanaan | : |
1. Tahunan |
Pelaksana Kegiatan | : | Direktorat Diseminasi Statistik |
No | Uraian | Link Unduh |
---|---|---|
1 | Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2022 | Unduh |
2 | Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2021 | Unduh |
3 | Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data 2020 | Unduh |
4 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2019 | Unduh |
5 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2018 | Unduh |
6 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2017 | Unduh |
7 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2016 | Unduh |
8 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2015 | Unduh |
9 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2014 | Unduh |
10 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2013 | Unduh |
11 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2012 | Unduh |
12 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2011 | Unduh |
13 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2010 | Unduh |
14 | Hasil Survei Kebutuhan Data 2009 | Unduh |
1 | Hasil Survei Kebutuhan Data IKK 2016 | Unduh |
2 | Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2015 | Unduh |
3 | Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2014 | Unduh |
4 | Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2013 | Unduh |
5 | Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2012 | Unduh |
6 | Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2010 | Unduh |
Pelayanan Statistik Terpadu SNI ISO 9001:2015 Tahun 2021-2022
Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021
Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Kategori Informatif Tahun 2021
Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Tahun 2020
Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2016
Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:
No | Uraian | Link Unduh |
1 | Laporan Pengaduan 2024 (Semester I) | Unduh |
2 | Laporan Pengaduan 2023 | Unduh |
3 | Laporan Pengaduan 2022 | Unduh |
4 | Laporan Pengaduan 2021 | Unduh |
5 | Laporan Pengaduan 2020 | Unduh |
6 | Laporan Pengaduan 2019 | Unduh |