Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  1. Pelayanan Perpustakaan
  2. Pelayanan Konsultasi Statistik
  3. Pelayanan Penjualan Produk Statistik
  4. Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

Maklumat Pelayanan PST BPS Kabupaten Rokan Hulu 2024

Maklumat Pelayanan PST BPS Kabupaten Rokan Hulu

Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rokan Hulu

Pelayanan Statistik Terpadu

Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Jenis Layanan

STANDAR PELAYANAN STATISTIK TERPADU

Standar Pelayanan Statistik Terpadu

STANDAR PELAYANAN PER JENIS LAYANAN

  1. Standar Pelayanan Perpustakaan
  2. Standar Pelayanan Penjualan Produk BPS
  3. Standar Pelayanan Konsultasi Statistik
  4. Standar Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik

SK Standar Pelayanan PST BPS Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2024
1.18 mb
SK Standar Pelayanan PST BPS Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2023
1.09 mb
Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 tentang PNBP yang Berlaku di BPS
257.27 kb
Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 2 Tahun 2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Nol Rupiah
2.78 mb
Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

1. Front Office Layanan Konsultasi dan Informasi Tatap Muka Langsung

Front Office Layanan Konsultasi dan Informasi Tatap Muka Langsung 2024
334.24 kb
Front Office Layanan Konsultasi dan Informasi Tatap Muka Langsung 2023
320.09 kb

2. Ruang Tunggu Pelayanan PST

Ruang Tunggu Pelayanan PST 2024
486.32 kb
Ruang Tunggu Pelayanan PST 2023
249.88 kb

3. Toilet Khusus Pengguna Layanan

Toilet Khusus Pengguna Layanan
357.91 kb

4. Tempat Parkir BPS Kabupaten Rokan Hulu

Tempat Parkir BPS Kabupaten Rokan Hulu 2024
1.65 mb
Tempat Parkir BPS Kabupaten Rokan Hulu 2023
325.94 kb

5. Tempat Ibadah BPS Kabupaten Rokan Hulu

Tempat Ibadah BPS Kabupaten Rokan Hulu
556.53 kb

6. Front Office Layanan Pengaduan Tatap Muka Langsung

Front Office Layanan Pengaduan Tatap Muka Langsung
342.54 kb
Pelaksana Layanan

Pelaksana Layanan adalah Petugas Pelayanan Statistik Terpadu yang bertugas

Pelaksana Layanan meliputi :

1. Petugas Front Office

2. Petugas Layanan Konsultasi, Perpustakaan, Penjualan Produk BPS, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik

3. Petugas Layanan Pengaduan

Kompetensi Pelaksana Layanan :

1.  Memahami peraturan perundang-undangan.

2.  Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik.

3.  Menguasai prosedur pelayanan.

4.  Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai. 

5.  Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi.

6.  Mampu mengoperasikan sistem pelayanan.

7.  Memiliki ketrampilan bahasa; dan 

8. Bersikap ramah dan sopan.

Jaminan Pelayanan :

Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Pelayanan Berkebutuhan Khusus
-
Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar hukum :
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik


Pelaksanaan Kegiatan :
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”

Periode Pelaksanaan :
1. Triwulanan dan Tahunan melalui Survei Kebutuhan Data
2. Setiap Saat melalui rating survey : s.bps.go.id/skdrohul

Pelaksana Kegiatan :
Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Rokan Hulu

Berikut ditampilkan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulanan Tahun 2024: 

  1. Hasil Survei Kebutuhan Data Tahun 2024

  1. Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan III Tahun 2024

   Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan III Tahun 2024     Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan III Tahun 2024

3. Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan II Tahun 2024

   Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan II Tahun 2024     Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan II Tahun 2024

4. Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan I Tahun 2024

   Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan I Tahun 2024     Hasil Survei Kebutuhan Data TW I Tahun 2024

Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Tahunan dapat diakses pada link berikut:

    1. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Rokan Hulu 2024
    2. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Rokan Hulu 2023
    3. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupateb Rokan Hulu 2022
    4. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Rokan Hulu 2021
    5. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Rokan Hulu 2020
    6. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Rokan Hulu 2019
Penghargaan
-
Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Kantor BPS Kabupaten Rokan Hulu
Website : https://webapps.bps.go.id/pengaduan atau s.bps.go.id/pengaduan_1407
E-mail : pst1407@bps.go.id

SK Tim Pelayanan Pengaduan BPS Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2024
167.03 kb
Booklet atau Leaflet Layanan
Sistem Statistik Nasional (Leaflet)
1.54 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis (Leaflet)
2.16 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral (Leaflet)
1.78 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Online (Leaflet)
5.43 mb
BPS WebAPI (Leaflet)
1.25 mb
Aplikasi ALLSTATS BPS (Leaflet)
1.16 mb
Cara Mengunduh Data BPS (Leaflet)
6.2 mb
Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb
Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
306.06 kb
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
961.03 kb
Transdata - Sistem Pertukaran Data K/L (Leaflet)
2.22 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
T. (021) 3841195,3842508,3810291-4, Ext : 1017
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial