Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  1. Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  2. Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  3. Memperpendek proses pelayanan;
  4. Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  5. Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 65 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  1. Perpustakaan
  2. Konsultasi Statistik
  3. Produk Statistik Berbayar (Publikasi Elektronik, Data Mikro, dan Peta Digital Wilayah Kerja Statistik)
  4. Rekomendasi Statistik
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

MAKLUMAT PELAYANAN

Maklumat Pelayanan tersebut diatur dalam Keputusan Kepala BPS Kabupaten Bangka Barat Nomor 022401/1903/KPA TAHUN 2025 Tanggal 24 Februari 2025. Adapun dokumen tersebut dapat diunduh pada tautan berikut:

Kepka Maklumat Pelayanan 2025
259.24 kb

MAKLUMAT PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

STANDAR PELAYANAN

Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Bangka Barat ditetapkan pada Keputusan Kepala BPS Kabupaten Bangka Barat Nomor 022001/1903/KPA TAHUN 2025 tanggal 20 Februari 2025. Dokumen tersebut dapat diunduh pada tautan berikut:

Kepka Standar Pelayanan 2025
825.21 kb

Poster Digital Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Bangka Barat

Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Jenis Layanan

1. Perpustakan

2. Konsultasi Statistik

3. Rekomendasi Statistik

4. Penjualan Produk Statistik

Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan
-
Pelaksana Layanan

SK Petugas Pelayanan

SK Perubahan Petugas Pelayanan Tahun 2025
513.34 kb
SK Petugas Pelayanan Tahun 2025
513.25 kb
Pelayanan Berkebutuhan Khusus
-
Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar hukum:
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Pelaksanaan Kegiatan:
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”

Periode Pelaksanaan:
1. Tahunan
2. Triwulanan

Pelaksana Kegiatan:
BPS Kabupaten Bangka Barat

Hasil Analisis Survei Kebutuhan Data

Tahun 2025

Laporan Hasil SKD Triwulan I 2025 Kabupaten Bangka Barat
4.14 mb

Tahun 2024

Laporan Hasil SKD Semester II 2024 kabupaten Bangka Barat
3.47 mb
Laporan Hasil SKD Semester I 2024 kabupaten Bangka Barat
3.43 mb
Laporan Hasil SKD Triwulan I 2024 kabupaten Bangka Barat
1.81 mb
Penghargaan
-
Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:
Pengaduan Langsung    : Kotak saran & pengaduan pada unit PST BPS Kabupaten Bangka Barat
Website                           : https://lapor.go.id
E-mail                              : bps1903@bps.go.id
Google Form                   : s.bps.go.id/Pengaduan1903
SMS/Telp                        : 0878-7446-8690/(0716)7323066
Instagram                       : @bpskabbangkabarat

SK Petugas Pengaduan 

SK Tim Pengelolaan Pengaduan Layanan Publik 2025
115.35 kb
SK Tim Pengelolaan Pengaduan Layanan Publik 2024
2.29 mb
SK Admin Pengelola SP4N Lapor 2025
208.47 kb
SK Admin Pengelola SP4N Lapor 2024
3.35 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial