BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:
Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.
Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.
Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.
Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.
Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:
Standar Pelayanan
Maklumat Pelayanan PST BPS Kota Yogyakarta 2024
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Yogyakarta 2024
-
Jenis layanan di Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Yogyakarta :
1. Perpustakaan (Tercetak dan Digital)
2. Konsultasi Statistik (Online dan Offline)
3. Rekomendasi Statistik Sektoral
Standar Pelayanan per Jenis Layanan :
1. Standar pelayanan Perpustakaan Tercetak
2. Standar Pelayanan Perpustakaan Digital
3. Standar Pelayanan Konsultasi dan Permintaan Data Statistik
4. Standar Pelayanan Rekomendasi Statistik
Sarana Prasarana Pelayanan Statistik Terpadu
BPS Kota Yogyakarta
1. Ruang Pelayanan Statistik Terpadu dan Ruang PPID
2. Rak Buku
3. Meja Baca
4. Komputer Pengunjung
5. Loker Pengunjung
6. Proyektor/LCD
7. Ruang Bermain Anak
8. Rak Display
9. Meja Konsultasi
10. Ruangan dilengapi AC
11. Scan Barcode Pengaduan, Saran , Wifi
12. Kotak Saran Offline
13. Tempat Parkir
14. Toilet
15. Printer
16. Telepon Kantor
17. Ruang Tunggu
18. Fasilitas Wifi Gratis
19. Titik Kumpul
20. Buku Tamu BAKPIA (Buku Aktivitas Kegiatan Pengunjung CInta StAtistik)
21. TV Running Text
Pelaksan Layanan Meliputi :
Jadwal Petugas Pelayanan PST BPS Kota Yogyakarta
Sarana Pelayanan Berkebutuhan Khusus
1. Jalur Difabel
2. Kursi Roda
3. Ruang Laktasi
4. Ruang Bermain Anak
5. Ruang Tunggu
6. Fasilitas Wifi Gratis
7. Titik Kumpul
8. Buku Tamu BAKPIA (Buku Aktivitas Kegiatan Pengunjung CInta StAtistik)
9. Pustakawan
Survei Kepuasan Masyarakat
Dasar hukum :
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Pelaksanaan Kegiatan :
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan :
1. Triwulanan dan Tahunan melalui Survei Kebutuhan Data (SKD)
2. Setiap Saat melalui three colour survey/rating survey
Pelaksana Kegiatan :
Tim Kerja IPDS BPS Kota Yogyakarta
Berikut Hasil Survei kebutuhan Data :
Triwulan 1 Tahun 2024
Triwulan 2 Tahun 2024
Tahun 2023
Tahun 2022
LAPORAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2024
PUBLIKASI ANALISIS HASIL SURVEI KEBUTUHAN DATA
Sertifikat Penghargaan Sebagai Satuan Kinerja Kerja Terbaik Pelaksanaan CAPI ST 2023
5. Sertifikat atas Kepatuhan penyampaian LHKPN dan SPT 2022
6. Piagam Penghargaan Kinerja Response Rate Sensus Penduduk Online 2020 melebihi target yang telah ditetapkan.
Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:
Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Kantor BPS Kota Yogyakarta
Website : https://webapps.bps.go.id/pengaduan
E-mail : bpshq@bps.go.id