Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  1. Pelayanan Perpustakaan melalui Media Datang Langsung maupun Media Online;
  2. Pelayanan Konsultasi Statistik melalui Media Datang Langsung maupun Media Online;
  3. Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

Standar Pelayanan

  1. SOP Permohonan Informasi Publik
  2. SOP Pengujian Konsekuensi
  3. SOP Penetapan dan Pemutakhiran Daftar Informasi Publik
  4. SOP Pendokumentasian Informasi Publik
  5. SOP Manajemen Keamanan Informasi
  6. SOP Standar Pengumuman Informasi Publik

Maklumat Pelayanan PST BPS Kota Yogyakarta 2024


Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Yogyakarta 2024

  1. Standar Pelayanan Perpustakaan Tercetak
  2. Standar Pelayanan Perpustakaan Digital
  3. Standar Pelayanan Konsultasi dan Permintaan Data Statistik
  4. Standar Pelayanan Rekomendasi Statistik

Kepka Standar Pelayanan 3471 2024
372.1 kb
Kompensasi Layanan

-

Jenis Layanan

Jenis layanan di Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Yogyakarta :

1. Perpustakaan (Tercetak dan Digital)

2. Konsultasi Statistik (Online dan Offline)

3. Rekomendasi Statistik Sektoral

Standar Pelayanan per Jenis Layanan :

1. Standar pelayanan Perpustakaan Tercetak

2. Standar Pelayanan Perpustakaan Digital

3. Standar Pelayanan Konsultasi dan Permintaan Data Statistik

4. Standar Pelayanan Rekomendasi Statistik 

Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan Statistik Terpadu 

BPS Kota Yogyakarta 

 

1.  Ruang Pelayanan Statistik Terpadu dan Ruang PPID

2. Rak Buku

 
 
3. Meja Baca 


 
4. Komputer Pengunjung


 
5. Loker Pengunjung 


 
6. Proyektor/LCD


 
7. Ruang Bermain Anak 


 
8. Rak Display 


 
9. Meja Konsultasi 


 
10. Ruangan dilengapi AC


 
11. Scan Barcode Pengaduan, Saran , Wifi


 
12. Kotak Saran Offline 


 
13. Tempat Parkir 


 
14. Toilet


 
15. Printer


 
16. Telepon Kantor 


 
17. Ruang Tunggu

 
 
18. Fasilitas Wifi Gratis 


 
19. Titik Kumpul 


 
20. Buku Tamu BAKPIA (Buku Aktivitas Kegiatan Pengunjung CInta StAtistik)


 
21. TV Running Text


 

Pelaksana Layanan

Pelaksan Layanan Meliputi :

  1. Petugas Front Office
  2. Petugas Pelayanan Statitsik Terpadu Offline dan Online
  3. Petugas Layanan Pengaduan

Jadwal Petugas Pelayanan PST BPS Kota Yogyakarta

Pelayanan Berkebutuhan Khusus

Sarana Pelayanan Berkebutuhan Khusus

1. Jalur Difabel 

2. Kursi Roda 

3. Ruang Laktasi 

4. Ruang Bermain Anak 

5. Ruang Tunggu 

6. Fasilitas Wifi Gratis 

7. Titik Kumpul 

8. Buku Tamu BAKPIA (Buku Aktivitas Kegiatan Pengunjung CInta StAtistik)

9. Pustakawan

Survei Kepuasan Masyarakat

Survei Kepuasan Masyarakat


Dasar hukum :
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik


Pelaksanaan Kegiatan :
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”


Periode Pelaksanaan :
1. Triwulanan dan Tahunan melalui Survei Kebutuhan Data (SKD)
2. Setiap Saat melalui three colour survey/rating survey


Pelaksana Kegiatan :
Tim Kerja IPDS BPS Kota Yogyakarta

Berikut Hasil Survei kebutuhan Data :

Triwulan 1 Tahun 2024

Triwulan 2 Tahun 2024

   

Tahun 2023

   

Tahun 2022

LAPORAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2024

Laporan SKM TW 1 Tahun 2024
2.55 mb
Laporan SKM TW 2 Tahun 2024
3.55 mb
Laporan SKM TW 3 Tahun 2024
3.21 mb
Laporan SKM TW 4 Tahun 2024
3 mb

PUBLIKASI ANALISIS HASIL SURVEI KEBUTUHAN DATA

  1. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Tahun 2020  --> Unduh
  2. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Tahun 2021   --> Unduh
  3. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Tahun 2022  --> Unduh
  4. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Tahun 2023  --> Unduh
  5. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Tahun 2024  --> Unduh
Penghargaan
  1. Piagam Penghargaan Satuan Kerja dengan Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Semester I 2024 dari KPPN Yogyakarta 
     
  2. Sertifikat Penghargaan Sebagai Satuan Kinerja Kerja Terbaik Pelaksanaan CAPI ST 2023

     

  3. Piagam Penghargaan Peringkat III Kategori Satuan Kerja Pengelola SPI, SAKTI Modul GLP, dan e-Calk Terbaik 2022 di BPS Provinsi D.I Yogyakarta 
  4. Sertikat Sebagai Satker terbaik dalam Program Desa Cinta Statistik 2022 Tingkat Kabupaten/Kota

5. Sertifikat atas Kepatuhan penyampaian LHKPN dan SPT 2022

6. Piagam Penghargaan Kinerja Response Rate Sensus Penduduk Online 2020 melebihi target yang telah ditetapkan.

Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Kantor BPS Kota Yogyakarta
Website : https://webapps.bps.go.id/pengaduan
E-mail : bpshq@bps.go.id

SK Tim Penananan Pengaduan 2024
113.56 kb
Booklet atau Leaflet Layanan
Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
306.06 kb
Standar Pelayanan Statistik Terpadu (Leaflet)
961.03 kb
Cara Mengunduh Data BPS (Leaflet)
6.2 mb
Pengenaan Tari Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral (Leaflet)
1.78 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis (Leaflet)
2.16 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Online (Leaflet)
5.43 mb
Sistem Statistik Nasional (Leaflet)
1.54 mb'
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial