Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Perka BPS Nomor 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS
2 mb

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  • Pelayanan Perpustakaan;
  • Pelayanan Konsultasi Statistik melalui Media Datang Langsung;
  • Pelayanan Konsultasi Statistik melalui Media Online;
  • Pelayanan Penjualan Publikasi melalui Media Datang Langsung;
  • Pelayanan Penjualan Publikasi melalui Media Online;
  • Pelayanan Penjualan Data Mikro dan Peta Digital Wilayah Kerja Statistik melalui Media Datang Langsung;
  • Pelayanan Penjualan Data Mikro dan Peta Digital Wilayah Kerja Statistik melalui Media Online; dan
  • Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.

Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

               

SK Pelayanan BPS Manggarai 2025
1.16 mb

               

SK Pelayanan BPS Manggarai 2023
727.74 kb

               

Perka BPS Nomor 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS
2 mb

Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Jenis Layanan

*Setiap permintaan data akan dilayani sesuai dengan Perka BPS No 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

               

Perka BPS Nomor 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS
2 mb

Selengkapnya:

               

Peraturan_Badan_Pusat_Statistik_No__2_Tahun_2019_tentang_Persyaratan_dan_Tata_Cara_Pengenaan_Tarif_Rp0_00__nol_rupiah__1646715329
2.78 mb
Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Manggarai

  1. Layanan Pustaka Cetak
  2. Layanan Pustaka Digital
  3. Layanan Konsultasi Statistik
  4. Layanan Penjualan Produk Statistik
  5. Layanan Rekomendasi Statistik

PROFIL PST BPS KABUPATEN MANGGARAI

  1. Front Office Layanan Konsultasi dan Informasi Tatap Muka Langsung
  2. Ruang Tunggu Pelayanan
  3. Toilet Khusus Pengguna Layanan yang Bersih, Sehat, dan Memadai
  4. Tempat Parkir Aman dan Nyaman
  5. Tempat Ibadah
  6. Kotak Saran
  7. Loker Barang Pengunjung
  8. Mading PST
  9. Perpustakaan
  10. Recepsionist BPS Kabupaten Manggarai
  11. PC dan Aplikasi PST Pengunjung
  12. Kartu Penilaian Kepuasan
  13. Infografis dan Informasi Statistik
  14. Rak dan Label Buku
  15. Area Bermain Anak
  16. Podcast Corner PST BPS Manggarai
Pelaksana Layanan

Struktur Pelaksana PST BPS Kabupaten Manggarai

Struktur Pelaksana PST BPS Pusat

Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar hukum 
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”

Periode Pelaksanaan
1. Tahunan
2. Triwulanan
3. Setiap Saat melalui three colour survey/rating survey

Pelaksana Kegiatan
PST BPS Kabupaten Manggarai

Pelayanan Berkebutuhan Khusus

SARANA BPS MANGGARAI, Termasuk Berkebutuhan Khusus

Ruang Laktasi, Ibu Hamil, dan Balita
2 mb
Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus
2 mb
Penghargaan

Pengaduan

Pemohon yang tidak mendapatkan pelayanan sesuai prosedur dapat mengajukan pengaduan melalui kotak pengaduan yang tersedia atau melalui kanal lapor.go.id atau kanal pengaduan BPS Pusat di link pengaduan BPS atau Kotak saran & pengaduan di Ruang PST BPS Kabupaten Manggarai juga dapat di pengaduanbps5313

Booklet atau Leaflet Layanan

               

Sistem_Statistik_Nasional__Leaflet__1646723506
1.54 mb

               

Rekomendasi_Kegiatan_Statistik_dalam_Infografis__Leaflet__1646723737
2.16 mb

               

Rekomendasi_Kegiatan_Statistik_Sektoral__Leaflet__1646723790
1.78 mb

               

Rekomendasi_Kegiatan_Statistik_Online__Leaflet__1646723934
5.43 mb

               

BPS_WebAPI__Leaflet__1646723979
1.25 mb

               

Aplikasi_ALLSTATS_BPS__Leaflet__1646724134
1.16 mb

               

Cara_Mengunduh_Data_BPS__Leaflet__1646724443
6.2 mb

               

Pengenaan_Tarif_Nol_Rupiah_di_BPS__Leaflet__1646724492
6.13 mb

               

Pelayanan_Statistik_Terpadu_BPS__Leaflet__1646724743
306.06 kb

               

Standar_Pelayanan_Statistik_Terpadu_BPS__Leaflet__1646724804
961.03 kb

               

Transdata_-_Sistem_Pertukaran_Data_K_L__Leaflet__1646724875
2.22 mb

Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial