BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:
Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.
Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.
Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.
Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.
Unduh Perka BPS Nomor 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS |
Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:
Tabel 1. Sarana dan Prasarana Layanan Informasi Publik BPS Kabupaten Gunung Mas Tahun 2024
No | Sarana dan Prasarana | Jumlah |
1. | Meja front desk dan kursi petugas | 1 |
2. | PC input registrasi | 1 |
3. | PC layanan | 1 |
4. | PC touchscreen | - |
5. | Sofa PST | 1 |
6. | Meja kursi baca | 4 |
7. | Meja kursi pengaduan | 1 |
8. | Meja kursi petugas | 1 |
9. | Line telepon/ Whatsapp | 1 |
10. | TV Plasma: content informasi | 1 |
11. | AC | 1 |
12. | Berbagai poster | 14 |
13. | FREE WIFI | ADA |
14. | Locker tempat penitipan tas/barang pengunjung | ADA |
15. | Akses jalan bagi penyandang disabilitas | ADA |
16. | Toilet Prioritas | ADA |
17. | SOP Pelayanan | ADA |
18. | Jalur Evakuasi dan Sign Titik Kumpul | ADA |
19. | Parkiran Khusus Pengunjung | ADA |
20. | Fasilitas Protokol Kesehatan ( Tempat Cuci Tangan, Alat Ukur Suhu Tubuh ) | ADA |
Standar Pelayanan Publik BPS Kab. Gumas, terdiri atas: Waktu Layanan : Senin - Jumat (08.00 - 15.30 WIB) Link akses PST BPS TERINTEGRASI SELINDO |
Jenis Pelayanan Publik BPS Kab. Gumas : Link akses PST BPS TERINTEGRASI SELINDO |
Pelayan PST ditentukan setiap awala tahun menyesuaikan alokasi beban kerja (ABK) BPS Kabupaten Gunung Mas, yang dimuat dalam Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran.
Adapun Tugas dan Tanggung Jawab Pelayan PST, terdiri dari :
Dasar hukum :
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Pelaksanaan Kegiatan :
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan :
1. Tahunan
2. Setiap Saat melalui three colour survey/rating survey
Pelaksana Kegiatan:
Fungsi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Kabupaten Gunung Mas
Tabel 1. Link Unduh Hasil Analisis Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Gunung Mas menurut Tahun
KATALOG PUBLIKASI |
LEAFLET |
BOOKLET |