Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS Kabupaten Mamuju Tengah telah menetapkan Surat Keputusan Kepala BPS Kabupaten Mamuju Tengah No. 76060.009/KPG Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik Kabupaten Mamuju  Tengah.

SK Standar Pelayanan BPS Kabupaten Mamuju Tengah 2024
3.96 mb

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik Kabupaten Mamuju  Tengah merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik Kabupaten Mamuju  Tengah yang meliputi:

  • Layanan Perpustakaan
  • Layanan Konsultasi Statistik
  • Layanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

BPS Kabupaten Mamuju Tengah memiliki 3 jenis layanan, yaitu:

Layanan Perpustakaan
Layanan Konsultasi Statistik
Layanan Rekomendasi Kegiatan Statistik

Standar pelayanan dapat dibaca pada dokumen di bawah ini:

SK Standar Pelayanan BPS Kabupaten Mamuju Tengah 2024
3.96 mb

Standar pelayanan dalam bentuk infografis:

Maklumat Pelayanan

Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Jenis Layanan

BPS Kabupaten Mamuju Tengah memiliki 3 jenis layanan, yaitu:

Layanan Perpustakaan
Layanan Konsultasi Statistik
Layanan Rekomendasi Kegiatan Statistik

Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan
  1. Komputer
  2. Meja
  3. Kursi
  4. Scanner
  5. Buku/pustaka hardcopy
  6. File pustaka softcopy ber-watermark
  7. Jaringan Intranet/Internet
  8. Aplikasi pelayanan
  9. Ruang tunggu pelayanan
  10. Toilet
  11. Tempat parkir
Pelaksana Layanan

Ketua Tim IPDS BPS Kabupaten Mamuju Tengah bertugas sebagai Ketua Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Mamuju Tengah

Petugas Pelayanan adalah Seluruh Pegawai BPS Kabupaten Mamuju Tengah kecuali Pegawai Struktural dan Bendahara BPS Kabupaten Mamuju Tengah

Pelayanan Berkebutuhan Khusus

BPS Kabupaten Mamuju Tengah menyediakan petugas pendamping khusus untuk disabilitas.

Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar Hukum:

  • PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Pelaksanaan Kegiatan:

  • Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”

Periode Pelaksanaan:

  • Setiap saat melalui aplikasi SKD Online direkap per triwulan
  • Setiap saat melalui aplikasi SPATULA (Saran Pengaduan Online dan Rating Petugas Layanan) direkap per triwulan

Laporan/Publikasi Hasil Survei Kebutuhan Data

Laporan Survei Kebutuhan Data Triwulan I Tahun 2024
2.15 mb
Laporan Survei Kebutuhan Data Triwulan II Tahun 2024
2.58 mb
Laporan Survei Kebutuhan Data Triwulan III Tahun 2024
2.28 mb

Publikasi Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Mamuju Tengah 2024

dapat diakses pada tautan berikut:

Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Mamuju Tengah 2024

Penghargaan
-
Pengaduan

Sarana Pengaduan

Pengaduan Langsung  : Kotak saran dan pengaduan pada unit PST BPS Kabupaten Mamuju Tengah

Website                         : Saran Pengaduan Online dan Rating Petugas  Layanan (SPATULA)  http://s.bps.go.id/SaranPengaduan_bps7606

E-mail                            : bps7606@bps.go.id

SMS/WhatsApp            : 0822-1000-7606

SP4N-LAPOR               : www.lapor.go.id, Twitter/X @lapor1708, Instagram @lapor1708, Facebook lapor1708

 

 

Booklet atau Leaflet Layanan
Tarif 0 Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
T. (021) 3841195,3842508,3810291-4, Ext : 1017
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial