Ringkasan Laporan Layanan Informasi

Permintaan Informasi Publik
Tahun 2022, PPID BPS telah menyelesaikan permohonan informasi publik yang disampaikan melalui formulir permohonan datang langsung maupun online. Rekapitulasi permohonan informasi publik selama tahun 2022 seperti pada Tabel 1. 

Banyaknya permohonan informasi publik pada tahun 2023 meningkat melalui fasilitas permohonan informasi publik secara online. Website PPID dapat mempermudah masyarakat mengakses informasi publik secara mandiri dimanapun dan kapanpun. Banyaknya permohonan informasi publik sampai dengan 5 September 2023 adalah sebagai berikut:

Selain melalui formulir permohonan informasi publik, masyarakat dapat mengakses informasi publik yang diumumkan secara mandiri pada Website PPID BPS yang terintegrasi dengan Website Resmi BPS. Berikut grafik yang menggambarkan banyaknya masyarakat yang mengakses website dan perbandingan antara tahun 2022 dan 2023.   

 

Statistik Website

Untuk melihat ringkasan statistik website dapat mengunjungi link berikut ini.

Permintaan Data

Untuk melihat ringkasan statistik permintaan data dapat mengunjungi link berikut ini.

Permintaan Data Rp0,00

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Badan Pusat Statistik, jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Pusat Statistik terkait permintaan data statistik meliputi penerimaan dari:

a.      Penjualan publikasi cetakan;

b.      Penjualan publikasi elektronik;

c.      Penjualan data mikro dan tabulasi;

d.      Penjualan peta digital wilayah kerja statistik.

Terhadap pihak tertentu atas jenis penerimaan negara bukan pajak, berupa penjualan publikasi cetakan, publikasi elektronik, data mikro, dan/atau peta digital wilayah kerja statistik yang peruntukannya tidak bersifat komersial dapat dikenai tarif sebesar Rp0,00 (nol rupiah) sesuai dengan Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 2 Tahun 2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Rp0,00 (Nol Rupiah) Terhadap Pihak Tertentu Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Badan Pusat Statistik.

Permintaan Data melalui Mekanisme Nol Rupiah (Rp 0,00) Tahun 2021
450.84 kb
Permintaan Data melalui Mekanisme Nol Rupiah (Rp 0,00) Tahun 2020
441.92 kb
Permintaan Data melalui Mekanisme Nol Rupiah (Rp 0,00) Tahun 2019
435.96 kb
PNBP

Untuk melihat ringkasan statistik PNBP dapat mengunjungi link berikut ini.

Evaluasi Pelayanan Data

Evaluasi Pelayanan Data melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)

Dasar hukum : PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Konsep Kegiatan : Kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.
Tujuan Kegiatan : Mendapatkan bahan evaluasi dari konsumen dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan data dan informasi statistik
Pelaksanaan Kegiatan : Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan :

1. Tahunan
2. Triwulanan
3. Setiap Saat melalui three colour survey/rating survey

Pelaksana Kegiatan : Direktorat Diseminasi Statistik

 

Hasil Survei Kebutuhan Data

No Uraian Link Unduh
1 Hasil Survei Kebutuhan Data 2021 Unduh
2 Hasil Survei Kebutuhan Data 2020 Unduh
3 Hasil Survei Kebutuhan Data 2019 Unduh
4 Hasil Survei Kebutuhan Data 2018 Unduh
5 Hasil Survei Kebutuhan Data 2017 Unduh
6 Hasil Survei Kebutuhan Data 2016 Unduh
7 Hasil Survei Kebutuhan Data 2015 Unduh
8 Hasil Survei Kebutuhan Data 2014 Unduh
9 Hasil Survei Kebutuhan Data 2013 Unduh
10 Hasil Survei Kebutuhan Data 2012 Unduh
11 Hasil Survei Kebutuhan Data 2011 Unduh
12 Hasil Survei Kebutuhan Data 2010 Unduh
13 Hasil Survei Kebutuhan Data 2009 Unduh

Hasil Survei Kepuasan Konsumen

Hasil Survei Kebutuhan Data IKK 2016
1.97 mb
Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2015
5.13 mb
Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2014
2.61 mb
Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2013
2.68 mb
Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2012
4.24 mb
Hasil Survei Kepuasan Konsumen 2010
3.39 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 1 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6–8, Jakarta Pusat 10710
T. (021) 3841195,3842508,3810291-4, Ext : 1017
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial