BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:
Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.
Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.
Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab. Di BPS Kota Padang Panjang juga memberikan pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh Tim Diseminasi Statistik.
Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 65 tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.
Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang baik yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), meliputi:





Dokumen SK Pelayanan PST dapat diakses di link berikut :
Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.






*Setiap permintaan data akan dilayani sesuai dengan Perka BPS No 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Selengkapnya:
_1646715439140.jpg)
1. Front Office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung


2. Ruang Pelayanan Statistik Terpadu



3. Loker Penyimpanan Barang

4. Wifi Gratis

5. Ruang Ibadah

6. Toilet khusus pengguna layanan yang bersih, sehat dan memadai

7. Tempat parkir aman dan nyaman


8. Caffetaria

9. Kursi Roda

10. Area bermain anak

11. Papan Pengumuman

Pelaksana Layanan meliputi :
1. Petugas Front Office
2. Petugas Layanan Konsultasi, Perpustakaan, Penjualan Produk BPS, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik
3. Petugas Layanan Pengaduan
Kompetensi Pelaksana Layanan :
1. Memahami peraturan perundang-undangan.
2. Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik.
3. Menguasai prosedur pelayanan.
4. Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai.
5. Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi.
6. Mampu mengoperasikan sistem pelayanan.
7. Memiliki ketrampilan bahasa; dan
8. Bersikap ramah dan sopan.
Jaminan Pelayanan :
Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.
Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus
Kartu Prioritas untuk Berkebutuhan Khusus
Alur Pelayanan Berkebutuhan Khusus
Menu Aksesibilitas untuk Pengguna Disabilitas
Ruang Laktasi, Ibu Hamil, dan Balita

Akses Pengunjung Disabilitas

Layanan Penggunaan Kursi Roda Bagi Pengunjung Disabilitas

Area bermain bagi pengunjung yang membawa balita
Dasar hukum :
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Pelaksanaan Kegiatan :
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan :
Triwulanan dan Tahunan melalui Survei Kebutuhan Data Tahun 2025 melalui Link : http://s.bps.go.id/skd2025_1374
Pelaksana Kegiatan :
Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Padang Panjang
Infografis Hasil SKD 2025 Tahunan dan Triwulanan:



Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang
| No | Uraian | Link Unduh |
| 1. | Infografis SKD Triwulan 3 Tahun 2025 | Unduh |
| 2. | Laporan SKD Triwulan 3 Tahun 2025 | Unduh |
| 3. | Infografis SKD Triwulan 2 Tahun 2025 | Unduh |
| 4. | Laporan SKD Triwulan 2 Tahun 2025 | Unduh |
| 5. | Infografis SKD Triwulan 1 Tahun 2025 | Unduh |
| 6. | Laporan SKD Triwulan 1 Tahun 2025 | Unduh |
| 7. | Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2024 | Unduh |
| 8. | Laporan SKD Triwulan 4 Tahun 2024 | Unduh |
| 9. | Infografis SKD Triwulan 3 Tahun 2024 | Unduh |
| 10. | Laporan SKD Triwulan 3 Tahun 2024 | Unduh |
| 11. | Infografis SKD Triwulan 2 Tahun 2024 | Unduh |
| 12. | Laporan SKD Triwulan 2 Tahun 2024 | Unduh |
| 13. | Infografis SKD Triwulan 1 Tahun 2024 | Unduh |
| 14. | Laporan SKD Triwulan 1 Tahun 2024 | Unduh |
| 15. | Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2023 | Unduh |
| 16. | Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2022 | Unduh |
| 17. | Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2021 | Unduh |
| 18. | Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2020 | Unduh |
| 19. | Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2019 | Unduh |
PENGHARGAAN TAHUN 2024
| No | Nama Penghargaan | Gambar | Unduh File |
|---|---|---|---|
| 1 | Peringkat 2 Kegiatan Pengolahan Data dan Layanan TI Terbaik Tahun 2024 di Wilayah BPS Provinsi Sumatera Barat | ![]() |
Unduh |
PENGHARGAAN TAHUN 2023
| Piagam penghargaan dari Kapolres Padang Panjang telah membantu Polres Padang Panjang dalam melakukan penelitian pada kegiatan pengambilan data persepsi internal dan eksternal kuesioner ITK Online Polri Tahun 2020, 2021 dan 2022 |
![]() |
| Penghargaan Sebagai Satuan Kerja Terbaik II Kategori Pengolahan Sensus Pertanian 2023 Wilayah Perkotaan dari BPS Provinsi Sumatera Barat |
![]() |
| Penghargaan Terbaik II Kategori “Pendataan Tepat Waktu” pada Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Tahun 2023 (PL-KUMKM 2023) dari BPS Provinsi Sumatera Barat |
![]() |
| Penghargaan Sebagai Satuan Kerja Terbaik II Kategori Dalam Pelaksanaan Kegiatan Pengolahan Peta Sensus Pertanian 2023 dari BPS Provinsi Sumatera |
![]() |
| Penghargaan Terbaik I Kategori Ketertiban Pengisian KiPApp dari BPS Provinsi Sumatera Barat |
![]() |
| Penghargaan Terbaik III Kategori Penyampaian Laporan BMN Semester I 2023 (tecepat dan tepat waktu) dari BPS Provinsi Sumatera Barat |
![]() |
| Penghargaan Terbaik III Kategori Ketertiban Pemusnahan Arsip Tercepat dan Tepat Waktu dari BPS Provinsi Sumatera Barat |
![]() |
PENGHARGAAN 2022
|
![]() |
|
![]() |
|
![]() |
|
![]() |
| Piagam penghargaan Satker terbaik III dalam pelaksanaan Long-Form SP2020 se-BPS Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat | ![]() |
PENGHARGAAN 2021
| BPS Kota Padang Panjang menerima Piagam Pojok Statistik pertama di Indonesia di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang . | ![]() |
| BPS Kota Padang Panjang menerima piagam peresmian Pojok Statistik pertama di Indonesia di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang . | ![]() |
| Peringkat 2 dalam Pengelolaan Perpustakaan BPS di wilayah Barat pada peringatan Hari Statistik Nasional | ![]() |
| Piagam Penghargaan Inovator Terbaik 3 dalam kompetisi Inovasi Hari Statistik Nasional yang di selenggarakan oleh BPS Provinsi Sumatera Barat | ![]() |
PENGHARGAAN 2020
|
Piagam penghargaan atas keberhasil mencapai kinerja response rate |
![]() |
PENGHARGAAN 2019
| Pernghargaan terbaik pertama dalam pembuatan Publikasi Daerah Dalam Angka di lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. |
![]() |
PENGHARGAAN 2018
| Piagam penghargaan Peringkat I Satker Terbaik Kinerja Pelaksanaan Anggaran Triwulan III – 2018, dengan nilai IKPA 99,93 | ![]() |
| Terbaik pertama dalam pembuatan Publikasi Kecamatan Dalam Angka di lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. |
![]() |
Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Padang Panjang Lantai 1
Website : lapor.go.id
E-mail : bps1374@bps.go.id
WA : 0752 83089