Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab. Di BPS Kota Padang Panjang juga memberikan pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh Tim Diseminasi Statistik.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 65 tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Peraturan Kepala BPS Nomor 65 Tahun 2024 Tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik
4.51 mb

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang baik yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), meliputi:

  1. Pelayanan Perpustakaan
  2. Pelayanan Konsultasi Statistik
  3. Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
Standar Pelayanan Perpustakaan
338.33 kb
Standar Pelayanan Konsultasi Statistik
381.19 kb
Standar Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
376.23 kb
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

Standar Pelayanan Perpustakaan

Standar Pelayanan Konsultasi

Standar Pelayanan Romantik

Dokumen SK Pelayanan PST dapat diakses di link berikut : 

Keputusan Kepala BPS Kota Padang Panjang No 99 Tahun 2023 Tentang Standar Pelayanan PST BPS Kota Padang Panjang
786.97 kb
Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Surat Edaran Kompensasi Layanan 2024
261.73 kb
Dokumen Kompensasi Layanan Triwulan 1 Tahun 2024
126.64 kb
Surat Edaran Kompensasi Layanan 2023
254.39 kb
Dokumen Kompensasi Layanan Tahun 2023
126.95 kb

Jenis Layanan

*Setiap permintaan data akan dilayani sesuai dengan Perka BPS No 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Perka BPS Nomor 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS
2 mb

Selengkapnya:

Peraturan Badan Pusat Statistik No. 2 Tahun 2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Rp0,00 (nol rupiah)
2.78 mb
Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

1. Front Office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung

2. Ruang Pelayanan Statistik Terpadu

3. Loker Penyimpanan Barang

4. Wifi Gratis

5. Ruang Ibadah

6. Toilet khusus pengguna layanan yang bersih, sehat dan memadai

7. Tempat parkir aman dan nyaman

8. Caffetaria

9. Kursi Roda 

10. Area bermain anak

11. Papan Pengumuman

Pelaksana Layanan

Pelaksana Layanan meliputi :

1. Petugas Front Office

2. Petugas Layanan Konsultasi, Perpustakaan, Penjualan Produk BPS, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik

3. Petugas Layanan Pengaduan

 

Kompetensi Pelaksana Layanan :

1.  Memahami peraturan perundang-undangan.

2.  Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik.

3.  Menguasai prosedur pelayanan.

4.  Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai. 

5.  Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi.

6.  Mampu mengoperasikan sistem pelayanan.

7.  Memiliki ketrampilan bahasa; dan 

8. Bersikap ramah dan sopan.

 

Jaminan Pelayanan :

Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Pelayanan Berkebutuhan Khusus

Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus

Kartu Prioritas untuk Berkebutuhan Khusus

Alur Pelayanan Berkebutuhan Khusus

Menu Aksesibilitas untuk Pengguna Disabilitas

Ruang Laktasi, Ibu Hamil, dan Balita

Akses Pengunjung Disabilitas

Layanan Penggunaan Kursi Roda Bagi Pengunjung Disabilitas

Area bermain bagi pengunjung yang membawa balita

Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar hukum :
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Pelaksanaan Kegiatan :
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)

Periode Pelaksanaan :
Triwulanan dan Tahunan melalui Survei Kebutuhan Data Tahun 2025 melalui Link : http://s.bps.go.id/skd2025_1374

Pelaksana Kegiatan :
Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Padang Panjang

Infografis Hasil SKD 2025 Tahunan dan Triwulanan:

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang

No Uraian Link Unduh
1. Infografis SKD Triwulan 3 Tahun 2025 Unduh
2. Laporan SKD Triwulan 3 Tahun 2025 Unduh
3. Infografis SKD Triwulan 2 Tahun 2025 Unduh
4. Laporan SKD Triwulan 2 Tahun 2025 Unduh
5. Infografis SKD Triwulan 1 Tahun 2025 Unduh
6. Laporan SKD Triwulan 1 Tahun 2025 Unduh
7. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2024 Unduh
8. Laporan SKD Triwulan 4 Tahun 2024 Unduh
9. Infografis SKD Triwulan 3 Tahun 2024 Unduh
10. Laporan SKD Triwulan 3 Tahun 2024 Unduh
11. Infografis SKD Triwulan 2 Tahun 2024 Unduh
12. Laporan SKD Triwulan 2 Tahun 2024 Unduh
13. Infografis SKD Triwulan 1 Tahun 2024 Unduh
14. Laporan SKD Triwulan 1 Tahun 2024 Unduh
15. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2023 Unduh
16. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2022 Unduh
17. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2021 Unduh
18. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2020 Unduh
19. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Padang Panjang 2019 Unduh
Penghargaan

PENGHARGAAN TAHUN 2024

No Nama Penghargaan Gambar Unduh File
1 Peringkat 2 Kegiatan Pengolahan Data dan Layanan TI Terbaik Tahun 2024 di Wilayah BPS Provinsi Sumatera Barat Penghargaan 2024 Unduh

PENGHARGAAN TAHUN 2023

Piagam penghargaan dari Kapolres Padang Panjang telah membantu Polres Padang 
Panjang dalam melakukan penelitian pada kegiatan pengambilan data persepsi internal 
dan eksternal kuesioner ITK Online Polri Tahun 2020, 2021 dan 2022
Penghargaan Sebagai Satuan Kerja Terbaik II Kategori Pengolahan Sensus Pertanian 2023 
Wilayah Perkotaan dari BPS Provinsi Sumatera Barat
Penghargaan Terbaik II Kategori “Pendataan Tepat Waktu” pada Pendataan Lengkap Koperasi 
dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Tahun 2023 (PL-KUMKM 2023) dari BPS Provinsi Sumatera 
Barat
Penghargaan Sebagai Satuan Kerja Terbaik II Kategori Dalam Pelaksanaan Kegiatan 
Pengolahan Peta Sensus Pertanian 2023 dari BPS Provinsi Sumatera
Penghargaan Terbaik I Kategori Ketertiban Pengisian KiPApp dari BPS Provinsi Sumatera 
Barat
Penghargaan Terbaik III Kategori Penyampaian Laporan BMN Semester I 2023 (tecepat 
dan tepat waktu) dari BPS Provinsi Sumatera Barat
Penghargaan Terbaik III Kategori Ketertiban Pemusnahan Arsip Tercepat dan Tepat Waktu 
dari BPS Provinsi Sumatera Barat

PENGHARGAAN 2022

  • Penghargaan dari  Walikota Padang Panjang atas dukungan yang telah diberikan dalam menyukseskan Pencanangan Padang Panjang Menuju Kota Statistik  dan Kelurahan Cantik (Cinta Statistik)
  • Penghargaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang atas partisipasi dan dukungan dalam mendukung  Gerakan literasi masyarakat melalui kontribusinya dalam menambah  bahan bacaan di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang Tahun  2022
  • Penghargaan Terbaik 3 dari BPS Provinsi Sumatera Barat untuk  Pengolahan se-BPS Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat
  • Perhargaan sebagai Terbaik 2 Kegiatan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) se-BPS Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat.
Piagam penghargaan  Satker terbaik III dalam pelaksanaan Long-Form SP2020 se-BPS  Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat

PENGHARGAAN 2021

BPS Kota Padang  Panjang menerima Piagam Pojok Statistik pertama di Indonesia di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang . 
BPS Kota Padang  Panjang menerima piagam peresmian Pojok Statistik pertama di Indonesia di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang . 
Peringkat 2 dalam Pengelolaan Perpustakaan BPS di wilayah Barat  pada peringatan Hari Statistik Nasional
Piagam Penghargaan Inovator Terbaik 3 dalam kompetisi Inovasi Hari Statistik Nasional yang di selenggarakan oleh BPS Provinsi Sumatera Barat

PENGHARGAAN 2020

Piagam penghargaan atas keberhasil mencapai kinerja response rate
Sensus  Penduduk Online sebsesar 200 persen, melebihi target yang
telah ditetapkan di lingkungan Badan Pusat Statistik

PENGHARGAAN 2019

Pernghargaan terbaik pertama dalam
pembuatan Publikasi Daerah Dalam Angka di lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat.  

PENGHARGAAN 2018

Piagam penghargaan Peringkat I Satker Terbaik Kinerja  Pelaksanaan Anggaran Triwulan III – 2018, dengan nilai IKPA 99,93 
Terbaik pertama dalam pembuatan Publikasi Kecamatan Dalam Angka di lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat.
 
Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Padang Panjang Lantai 1
Website : lapor.go.id
E-mail : bps1374@bps.go.id
WA : 0752 83089

SK Pengaduan Layanan PST 2024
329.87 kb
SK Pengaduan Layanan PST 2023
320.22 kb
SK Pengaduan Layanan PST 2022
320.34 kb
SK Pengaduan Layanan PST 2021
320.27 kb
SK Pengaduan Layanan PST 2020
320.27 kb
Laporan Evaluasi Konsultasi dan Pengaduan BPS Kota Padang Panjang
  • Laporan Pengaduan Masyarakat
Laporan Kompilasi Penanganan dan Pengaduan Masyarakat Triwulan 1 2024
257.73 kb
Laporan Kompilasi Penanganan dan Pengaduan Masyarakat Triwulan 2 2024
250.76 kb
Laporan Kompilasi Penanganan dan Pengaduan Masyarakat Triwulan 3 2024
250.75 kb
Laporan Kompilasi Penanganan dan Pengaduan Masyarakat Triwulan 4 2024
251.04 kb
Laporan Kompilasi Penanganan dan Pengaduan Masyarakat Triwulan 1 2025
257.86 kb
Laporan Kompilasi Penanganan dan Pengaduan Masyarakat Triwulan 2 2025
277.67 kb
  • Laporan SP4N  Lapor
Laporan SP4N Lapor Tahun 2024
619.13 kb
Laporan SP4N Lapor Tahun 2025 Triwulan 1
651.36 kb
Laporan SP4N Lapor Tahun 2025 Triwulan 2
722.17 kb
  • Laporan Whistle Blowing System
Berita Acara Whistle Blowing System Semester 1 2024
115.34 kb
Berita Acara Whistle Blowing System Semester 2 2024
115.91 kb
Berita Acara Whistle Blowing System Triwulan 1 2025
283.6 kb
Berita Acara Whistle Blowing System Triwulan 2 2025
282.73 kb
Booklet atau Leaflet Layanan
Leaflet Trifold A4 - Standar PST
661.43 kb
Infografis Hasil SKD Triwulan II 2025
268.71 kb
Infografis Hasil SKD Triwulan I 2025
268.71 kb
Infografis Hasil SKD Triwulan III 2024
268.71 kb
Infografis Hasil SKD Triwulan II 2024
268.71 kb
Infografis Hasil SKD Triwulan I 2024
268.71 kb
Sistem Statistik Nasional (Leaflet)
1.54 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis (Booklet)
3.66 mb
Rekomendasi Kegiatan Sektoral (Leaflet)
1.78 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Online (Leaflet)
5.43 mb
BPS WebAPI (Leaflet)
1.25 mb
Aplikasi ALLSTATS BPS (Leaflet)
1.16 mb
Cara Mengunduh Data BPS (Leaflet)
6.2 mb
Pengenaan tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb
Pelayanan Statistik terpadu BPS (Leaflet)
306.06 kb
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
961.03 kb
Transdata - Sistem Pertukaran Data K/L (Leaflet)
2.22 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial