Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  1. Pelayanan Perpustakaan
  2. Pelayanan Konsultasi Statistik
  3. Pelayanan Penjualan Produk Statistik
  4. Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

Maklumat Pelayanan PST BPS Kabupaten Kebumen Tahun 2025

Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Kebumen Tahun 2025

SK Standar Pelayanan BPS Kabupaten Kebumen 2025
834.8 kb
SK Maklumat dan Motto BPS Kabupaten Kebumen 2025
143.2 kb
SK Standar Pelayanan BPS Kabupaten Kebumen 2024
802.91 kb
SK Maklumat dan Motto BPS Kabupaten Kebumen 2024
115.12 kb
Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

SE Kompensasi Layanan 2024
586.2 kb
Jenis Layanan

STANDAR PELAYANAN STATISTIK TERPADU

STANDAR PELAYANAN PER JENIS LAYANAN

1. Standar Pelayanan Perpustakaan

2. Standar Pelayanan Konsultasi Statistik

3. Standar Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik

SK Standar Pelayanan 2024
802.91 kb
Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

1. Front office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung

Front office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung 2024
936.89 kb

2. Ruang tunggu pelayanan

Ruang tunggu pelayanan 2024
347.48 kb

3. Sarana Prasarana Penunjang (misal : Tempat ibadah, kantin)

Sarana prasarana penunjang 2024
760.81 kb

4. Toilet khusus pengguna layanan yang bersih, sehat dan memadai

Toilet khusus pengguna layanan yang bersih, sehat dan memadai 2024
344.2 kb

5. Tempat parkir aman dan nyaman

Tempat parkir aman dan nyaman 2024
1.25 mb

6. Sarana Prasarana Bagi Pengguna Layanan Kelompok Rentan

Sarana Prasarana Bagi Kelompok Rentan 2024
981.6 kb

7. Front office layanan pengaduan tatap muka langsung

Front office layanan pengaduan tatap muka langsung 2024
936.89 kb
Pelaksana Layanan

Pelaksana Layanan meliputi :

1. Petugas Front Office

2. Petugas Layanan  Perpustakaan, Konsultasi, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik

3. Petugas Layanan Pengaduan

Kompetensi Pelaksana Layanan :

1.  Memahami peraturan perundang-undangan.

2.  Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik.

3.  Menguasai prosedur pelayanan.

4.  Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai. 

5.  Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi.

6.  Mampu mengoperasikan sistem pelayanan.

7.  Memiliki ketrampilan bahasa; dan 

8. Bersikap ramah dan sopan.

Jaminan Pelayanan :

Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Mekanisme Penghargaan dan Hukuman 2024
161.89 kb
Pelayanan Berkebutuhan Khusus

1. Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus

Sarana dan Prasarana Pengguna Layanan Berkebutuhan Khusus 2024
919.27 kb

2. Ruang Laktasi

Ruang Laktasi 2024
200.08 kb
Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar hukum :
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Pelaksanaan Kegiatan :
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”

Periode Pelaksanaan :
Triwulanan dan Tahunan melalui Survei Kebutuhan Data

Pelaksana Kegiatan :
Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Kebumen

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data Tahun 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Kebumen Semester 2 Tahun 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Kebumen Semester 1 Tahun 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Kebumen Triwulan IV Tahun 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Kebumen Triwulan III Tahun 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Kebumen Triwulan II Tahun 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Kebumen Triwulan I Tahun 2024 :

Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulanan dan Semesteran BPS Kabupaten Kebumen dapat diunduh pada tautan di bawah ini :

Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Semester II 2024
2.17 mb
Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Semester I 2024
3.47 mb

     

Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan IV 2024
2.17 mb
Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan III 2024
2.25 mb
Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan II 2024
3.59 mb

Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan I 2024
2.1 mb

Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Tahunan BPS Kabupaten Kebumen dapat diunduh pada tautan di bawah ini :

No Uraian Link Unduh
1 Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Kebumen 2024 Unduh
2 Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Kebumen 2023 Unduh
3 Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Kebumen 2022 Unduh
4 Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Kebumen 2021 Unduh
5 Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data Kabupaten Kebumen 2020 Unduh

Penghargaan

Piagam Penghargaan Pengelola Akun Youtube Teraktif Tahun 2023

Penghargaan Pengelola Perpustakaan Digital Terbaik Tahun 2018

Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Kebumen
Website : s.bps.go.id/bps3305_pengaduan atau https://www.lapor.go.id
E-mail : bps3305@bps.go.id
WA : 0851-8311-0040

SK Tim Layanan Pengaduan Masyarakat 2024
384.76 kb
SK Pengaduan Layanan PST 2024
340.66 kb
Booklet atau Leaflet Layanan
Sistem Statistik Nasional (Leaflet)
1.54 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis (Leaflet)
2.16 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral (Leaflet)
1.78 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Online (Leaflet)
5.43 mb
BPS WebAPI (Leaflet)
1.25 mb
Aplikasi Allstat BPS (Leaflet)
1.16 mb
Cara mengunduh data BPS (Leaflet)
6.2 mb
Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb
Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
306.06 kb
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
961.03 kb
Transdata _ Sistem Pertuukaran Data K/L (Leaflet)
2.22 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial