Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Diseminasi dan Layanan Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Keputusan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepka No. 96 Tahun 2024 Tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Provinsi Kalimantan Tengah
7.16 mb

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  • Pelayanan Konsultasi Statistik;
  • Pelayanan Perpustakaan;
  • Pelayanan Produk Statistik Berbayar;
  • Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

Selengkapnya tersedia di Kepla No. 96 Tahun 2024 Tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Provinsi Kalimantan Tengah

Kepka No. 96 Tahun 2024 Tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Provinsi Kalimantan Tengah
7.16 mb
Kompensasi Layanan

Jenis Layanan

Setiap permintaan data akan dilayani sesuai dengan SK Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepka No. 96 Tahun 2024 Tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Provinsi Kalimantan Tengah
7.16 mb

Selengkapnya: 

Peraturan Badan Pusat Statistik No. 2 Tahun 2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Rp0,00 (Nol Rupiah)
2.78 mb
Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

Pelayanan Informasi Publik

1. Ruang Informasi Publik

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang datang langsung ke BPS Provinsi Kalimantan Tengah, BPS Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan Ruang Informasi Publik yang dilengkapi dengan tempat duduk yang representatif. Ruang ini berada di lobby utama kantor BPS Provinsi Kalimantan Tengah. Masyarakat yang memerlukan informasi publik dilayani di ruangan ini oleh PPID. Sementara, mayarakat yang memerlukan informasi publik berupa data, publikasi statistik, rekomendasi statistik dan konsultasi statistik disediakan ruangan khusus yaitu Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Berikut ini adalah foto-foto Ruang Informasi Publik BPS Provinsi Kalimantan Tengah

 

Gambar 1. Ruang Informasi Publik BPS Provinsi Kalimantan Tengah

2. Website ppid.bps.go.id

Masyarakat juga dapat memperoleh informasi publik dari BPS Provinsi Kalimantan Tengah melalui website resmi ppid.bps.go.id/?mfd=6200. Berbagai informasi publik disajikan dalam website tersebut baik yang bersifat berkala, setiap saat, dan dikecualikan. 

Gambar 2. Website Informasi Publik BPS Provinsi Kalimantan Tengah

Menu Informasi Terbuka Berkala, memuat berbagai informasi yaitu:

  1. Keuangan yang berisi tentang Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Laporan Keuangan yaitu Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional dan Laporan Perubahan Ekuitas.
  2. Program dan Kegiatan yang berisi tentang Indikator Kinerja, Rencana Kinerja, Perjanjian Kinerja, Laporan Kinerja, dan Daftar Informasi Publik.
  3. Tentang BPS yang berisi informasi umum tentang BPS, visi dan misi, struktur organisasi, tugas, fungsi dan kewenangan; Pengolahan data; Motto dan maklumat pelayanan; Hubungi kami (kontak dan alamat) dan Zona Integritas.
  4. Laporan Pelayanan Data berisi Statistik Website dan PNBP.
  5. Program dan Kegiatan yang berisi tentang Indikator Kinerja, Rencana Kinerja, Perjanjian Kinerja, Laporan Kinerja, dan Daftar Informasi Publik.
  6. Penghargaan baik penghargaan bersifat nasional maupun daerah.
  7. Profil Singkat Pejabat yaitu pejabat eselon II dan eselon III di BPS Provinsi Kalimantan Tengah.
  8. Rencana Strategis.
  9. PPID

Menu Informasi Terbuka Setiap Saat, memuat berbagai informasi yaitu:

  1. Unduh untuk mengunduh berbagai publikasi dan Berita Resmi Statistik yang diterbitkan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah
  2. Berita Resmi Statistik (BRS) untuk mengunduh BRS yang diterbitkan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah baik terkait data/indikator ekonomi, kependudukan, sosial, gender, ketenagakerjaan, dan sebagainya serta jadwal rilis BRS tersebut.
  3. Publikasi Online untuk mengakses dan mengunduh berbagai publikasi yang dihasilkan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah baik publikasi terkait data/indikator ekonomi, kependudukan, sosial, gender, ketenagakerjaan, dan sebagainya serta jadwal rilis publikasi tersebut.
  4. Regulasi
  5. Pengumuman
  6. Jadwal Jumpa Pers yang dilakukan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah untuk merilis berbagai data/indikator statistik.
  7. Tingkat Kepuasan Pengunjung Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dihasilkan dari Survei Kebutuhan Data (SKD).
  8. Informasi tentang organisasi, administrasi, kepegawaian, dan keuangan.
  9. Informasi lainnya berisi cara mengakses informasi lainnya seperti surat-surat perjanjian, surat menyurat pimpinan atau pejabat badan publik, syarat-syarat perizinan, data perbendaharaan atau inventaris dsb.

Menu Informasi Publik Dikecualikan memuat daftar informasi yang dikecualikan pada Badan Pusat Statistik menurut Kepka BPS Nomor 145 Tahun 2014.

Pelayanan Informasi Publik Diseminasi Data dan Kegiatan Statistik

BPS Provinsi Kalimantan Tengah juga memiliki berbagai media untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait data, indikator dan informasi statistik sesuai tugas pokok dan fungsi BPS Provinsi Kalimantan Tengah. Sarana dan saluran komunikasi untuk memberikan layanan tersebut yaitu:

1. Pelayanan Statistik Terpadu

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) merupakan pelayanan satu pintu untuk melayani masyarakat. Layanan yang diberikan di Pelayanan Statistik Terpadu adalah layanan perpustakaan, layanan konsultasi statistik, layanan konsultasi rujukan statistik, rekomendasi statistik, penjualan data mikro dan peta digital serta penjualan publikasi. PST dibuka untuk umum setiap hari kerja, tanpa jam istirahat. Secara umum SDM pelaksana layanan PST adalah fungsi IPDS, sedangkan secara khusus adalah fungsi DLS. Jumlah pegawai pada fungsi per 31 Desember 2023 adalah sebanyak tiga orang, yang terdiri dari 4 orang subkoordinator; dan 3 orang frontliner. Sementara sarana dan prasarana layanan informasi publik pada BPS Provinsi Kalimantan Tengah seperti pada tabel berikut.

Tabel 1. Sarana dan Prasarana Layanan Informasi Publik BPS Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023

No Sarana dan Prasarana Jumlah
1 Meja front desk dan kursi petugas 1
2 PC input registrasi 1
3 PC layanan 3
4 PC touchscreen 1
5 Meja kursi baca 8
6 Meja kursi petugas 3
7 Line telepon 1
8 TV Plasma: content informasi 1
9 AC 2
10 Berbagai poster 10
11 WIFI Ada
12 Locker tempat penitipan tas/barang pengunjung 9
13 Akses jalan bagi penyandang disabilitas Ada

Berikut adalah foto-foto Pelayanan Statistik Terpadu.

Ruang Pelayanan Statistik Terpadu (PST) Meja Front Desk dan Buku Tamu PST
Loker Pengguna Meja Kursi Baca
PC Layanan Lengkap dengan Jaringan Internet Informasi Layanan Penjualan
Standing Banner Informasi Layanan Mesin Fotocopy/Printer di PST
Layanan Konsultasi Statistik Layanan Konsultasi Statistik Online
Layanan Rekomendasi Statistik Fasilitas Pengaduan

Selain pelayanan PST offline, BPS Provinsi Kalimantan Tengah juga menyediakan layanan konsultasi statistik online melalui media WhatsApp Official yaitu Sistem Contact Center Informasi Statistik (SiCantik). Dengan adanya layanan online, pengguna data statistik tidak harus datang ke PST BPS Provinsi Kalimantan Tengah untuk konsultasi ataupun sekedar mencari data. Terlebih lagi di masa pandemi covid-19, pengguna data lebih banyak menggunakan layanan online daripada datang langsung ke PST. Selain itu juga disediakan akses bagi konsumen yang berkebutuhan khusus sebagai berikut :

Gambar 4. Fasilitas bagi Pengguna Berkebutuhan Khusus

Anggaran operasional pelayanan informasi pada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dibebankan pada DIPA BPS Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2022, yang besarannya berdasarkan standar biaya umum sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain Pelayanan Statistik Terpadu yang berlokasi di kantor BPS Provinsi Kalimantan Tengah, BPS juga memiliki sarana layanan informasi secara langsung lainnya yang dikhususkan bagi mahasiswa, yaitu Pojok Statistik. Pojok Statistik berlokasi di Universitas Palangka Raya.

Gambar 5. Pojok Statistik Universitas Palangka Raya

2. Website www.kalteng.bps.go.id

Selain pelayanan secara langsung, BPS Provinsi Kalimantan Tengah juga memberikan pelayanan dan informasi data/kegiatan statistik melalui website resmi www.kalteng.bps.go.id. Berbagai informasi yang disajikan di website ini terbagi menjadi beberapa menu yaitu Beranda, Tentang Kami, Berita, Senarai Rencana Terbit, Publikasi, Berita Resmi Statistik, dan Informasi Publik.

Gambar 6. Website BPS Provinsi Kalimantan Tengah

Beberapa menu pada beranda website BPS Provinsi Kalimantan Tengah adalah :

  1. Subyek statistik yang dibagi menjadi 3 bagian (Sosial dan Kependudukan, Ekonomi dan Perdagangan serta Pertanian dan Pertambangan), tampil dalam bentuk akordeon.
  2. Indikator Strategis menampilkan data, pea dan grafik dari indikator strategis
  3. Galeri Infografis menyajikan data statistik dalam bentuk grafis
  4. Tabel Dinamis merupakan fitur tabulasi data yang disesuaikan dengan kebutuhan
  5. Cara Mendapatkan Data BPS memberikan informasi tentang cara mendapatan data, tarif dan lama pelayanan
  6. Unduh untuk mengunduh berbagai publikasi yang disediakan
  7. Istilah Statistik untuk mencari arti istilah statistik dan deskripsinya
  8. Katalog Data Mikro memuat kumpulan data mikro dan metadata hasil sensus, survei dan kompilasi yang dilakukan BPS
  9. Pengaduan yang merupakan sarana untuk melaporkan pelanggaran yang terjadi di BPS
  10. Layanan Pengadaan Secara Elektronik
  11. Tautan menuju website BPS lainnya
  12. Serta fitur-fitur penting lainnya

3. Aplikasi AllStat

BPS Badan Pusat Statistik juga menyediakan aplikasi berbasis android yaitu Allstat BPS yang dapat diunduh pada playstore. Aplikasi ini memuat content yang sama dengan website seperti tabel statis dan dinamis, BRS, dan publikasi.

Banner Aplikasi Allstat di PST BPS Prov Kalt Aplikasi Allstat
Aplikasi Allstat BPS Prov Kalteng Aplikasi Allstat BPS Prov Kalteng

4. Media Sosial

Selain website, media online penyampaian informasi BPS Provinsi Kalimantan Tengah adalah media sosial resmi yaitu facebook, instagram, youtube dan twitter. Informasi data statistik dan informasi kegiatan statistik juga disampaikan melalui media ini. Masyarakat dan pengguna juga dapat berinteraksi melalui media ini. Berikut akun resmi media sosial BPS Provinsi Kalimantan Tengah.

Facebook Instagram
Youtube Twitter

Gambar 7. Akun Media Sosial Resmi BPS Provinsi Kalimantan Tengah

5. Media Komunikasi Lainnya

Selain berbagai media yang sudah dijelaskan, ada beberapa media lain yang disediakan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat yaitu baliho dan running text yang dipasang di halaman kantor sehingga dapat dilihat masyarakat, layar monitor di lobby utama kantor, berbagai standing banner dan poster serta kegiatan pemberian informasi langsung ke masyarakat pada kegiatan-kegiatan tertentu seperti pameran, event Hari Statistik Nasional, serta kunjungan langsung kepada pengguna. Juga tersedia ruang video conferrence dan aula yang digunakan untuk memberikan pelayanan dalam jumlah besar. Selain itu juga disediakan berbagai saluran komunikasi lainnya yaitu telepon (0536) 3228105; faksimili: (0536) 3221380; email : pst6200@bps.go.id; surat ke alamat Jl. Kapt. Piere Tendean No 6 Palangka Raya 73112; dan Whatsapp 0811-521-6200.

Baliho Di Depan Kantor Baliho Di Depan Kantor
Running Text Gedung Kantor Layar Monitor di Lobby Kantor
Sosialisasi kegiatan Statistik Sektoral Kepada Diskominfo dan Bappedalitbang se Kalimantan Tengah Sosialisasi kegiatan Statistik Sektoral Kepada Diskominfo dan Bappedalitbang se Kalimantan Tengah

Gambar 8. Berbagai Media dan Sarana Informasi Publik Lain

Pelaksana Layanan

-

Pelayanan Berkebutuhan Khusus

Disediakan akses bagi konsumen yang berkebutuhan khusus sebagai berikut :

Akses Jalan dan Toilet Bagi Konsumen Berkebutuhan Khusus

Penunjuk Akses Jalan Penyandang Disabilitas

Tempat Parkir Khusus Penyandang Disabilitas

Akses Jalan Khusus Penyandang Disabilitas

Toilet Prioritas Khusus Penyandang Disabilitas

Ruang Fasilitas untuk Laktasi, Ibu Hamil dan Balita 

 

Survei Kepuasan Masyarakat
Dasar Hukum : PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Konsep Kegiatan : Kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.
Tujuan Kegiatan : Mendapatkan bahan evaluasi dari konsumen dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan data dan informasi statistik
Pelaksanaan Kegiatan : Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan : 1. Tahunan
2. Triwulanan
3. Setiap Saat melalui rating survey
Pelaksanaan Kegiatan : Tim Diseminasi dan Layanan Statistik

Laporan Tingkat Kepuasan Pengunjung Pelayanan Statistik Terpadu Badan Pusat Statistik terdapat pada publikasi Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah.

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2024

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2023

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2022

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2021

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2020

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2019

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2018

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2017

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2016

Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Kalimantan Tengah 2015

Penghargaan

Penghargaan Badan Pusat Statistik Tingkat Pusat

Capaian/Penghargaan Daerah Terkait Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Berdasarkan Indikator Keberhasilan Tahun 2010-2014

No Jenis Penghargaan Penyelenggara Tahun Level BPS Provinsi/Kabupaten Peringkat Bentuk Fisik
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Instansi dengan Pegawai yang 'Sangat anti Korupsi' dalam assessment PBAK Kemenkominfo, Bappenas dan UKP4 2013 BPS RI Sangat Anti Korupsi Laporan
2. Penyusunan dan penyajian laporan keuangan Badan Pemeriksa Keuangan 2011 Nasional BPS RI Opini WTP Piagam Penghargaan
2012 Nasional BPS RI Opini WTP Piagam Penghargaan
3. Citra Pelayanan Prima Ombudsman RI 2013 Nasional BPS RI VII -
4. Keaktifan dalam melaksanakan UU No. 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam  Perpustakaan Nasional RI 2012 Nasional BPS RI - Piala dan Piagam Penghargaan
5. Akreditasi B untuk Penyelenggaraan Program Diklat Prajab Golongan I dan II Lembaga Administrasi Negara 2011 Nasional Pusdiklat BPS RI Akreditasi B Sertifikat
6. Akreditasi B untuk Penyelenggaraan Program Diklat Prajab Golongan III Lembaga Administrasi Negara 2011 Nasional Pusdiklat BPS RI Akreditasi B Sertifikat
7. Akreditasi B untuk Penyelenggaraan Program Diklat PIM IV Lembaga Administrasi Negara 2011 Nasional Pusdiklat BPS RI Akreditasi B Sertifikat
8. Akreditasi B untuk Penyelenggaraan Program Diklat PIM III Lembaga Administrasi Negara 2011 Nasional Pusdiklat BPS RI Akreditasi B Sertifikat
9. Kepatuhan pelaporan BMN terkait ketepatan waktu dan kelengkapan dalam penyampaian laporan BMN Kementrian Keuangan  2012 Nasional BPS RI I Piagam Penghargaan
10. Realisasi inventarisasi dan penilaian BMN Kementrian Keuangan  2012 Nasional BPS RI I Piagam Penghargaan
11. Utilisasi BMN terkait penggunaan, pemanfaatan, dan underlying assets penerbitan surat berharga syariah negara Kementrian Keuangan  2012 Nasional BPS RI II Piagam Penghargaan
2013 Nasional BPS RI II Piagam Penghargaan
12 Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kemen PAN dan RB 2012 Nasional BPS RI Peringkat CC Surat Keterangan
2013 Nasional BPS RI Peringkat B Surat Keterangan
13. Penghargaan E-Government Indonesia (PeGI) Kementrian Komunikasi dan Informatika 2014 Nasional

BPS RI I -

Penghargaan Badan Pusat Statistik Tingkat Daerah

Capaian/Penghargaan Daerah Terkait Pelaksanaan Reformasi Birokrasi BPS Daerah Berdasarkan Indikator Keberhasilan Tahun 2010-2014

No Jenis Penghargaan Penyelenggara Tahun Level BPS Provinsi/Kabupaten Peringkat Bentuk Fisik
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Penilaian penyusun laporan keuangan yang berkualitas dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) KPPN Surakarta 2013 Kabupaten BPS Kota Surakarta, Jawa Tengah - piagam penghargaan
2. Pengiriman hasil terbitan sesuai UU No. 4 tahun 1990 Badan Perpustakan, Arsip dan Dokumentasi Prov. Sumut 2012 Provinsi  BPS Provinsi Sumatera Utara vandel/plakat
3. Apresiasi telah melakukan sharing ilmu pengetahuan mengenai penghitungan Indeks Kemahalan Konstruksi Kota Banda Aceh Pemerintah Kabupaten Muara Enim Prov. Sumatera Selatan 2013 Kabupaten BPS Kota Banda Aceh, Aceh piagam penghargaan
4. Penyerapan Anggaran Terbaik KPPN 2010 Kabupaten PS Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara III piagam penghargaan
BPS Kab. Purbalingga,  Jawa Tengah II
BPS Kab. Ketapang, Kalimantan Barat -
2011 Kabupaten BPS Kab. Tebo, Jambi I piagam penghargaan
BPS Kab. Saumlaki, Maluku  I piagam penghargaan
BPS Kab. Wajo, Sulawesi Selatan I plakat
2012 Kabupaten BPS Labuhanbatu, Sumatera Utara I sertifikat
BPS Kab. Belitung Timur, Bangka Belitung I piagam penghargaan
BPS Kota Samarinda, Kalimantan Timur I piagam penghargaan
BPS Kota Tarakan, Kalimantan Timur I piagam penghargaan
BPS Kab Tana Tidung, Kalimantan Timur III piagam penghargaan
2013 Kabupaten BPS Kab Mukomuko, Bengkulu I piagam penghargaan
Kabupaten BPS Kab Tegal, Jawa Tengah II piagam penghargaan
Provinsi BPS Provinsi DIY II piagam penghargaan
Kabupaten BPS Kab. Merangin, Jambi I piagam penghargaan
Kanwil DJBP Provinsi Provinsi BPS Kab. Palopo, Sulawesi Selatan X piagam penghargaan
KPPN 2014 Kabupaten BPS Kab Tanjung Jabung, Jambi II piagam penghargaan
BPS Kab. Barabai, kalimantan Selatan II piagam penghargaan
5. Satker terbaik pertama dalam pengajuan SPM, Rekonsiliasi dan penyampaian Laporan ke KPPN KPPN 2010 Kabupaten BPS Kab. Dharmasraya, Sumatera Barat I piagam penghargaan
6. Penghargaan atas Pengelolaan APBN KPPN 2012 Kabupaten BPS Kab Sumbawa,Nusa Tenggara Barat II piagam penghargaan
BPS Kota Palopo, Sulawesi Selatan - piagam penghargaan
2013 Kabupaten Kab. Bener Meriah, Aceh I piagam penghargaan
BPS Kota Medan, Sumatera Utara II piagam penghargaan
BPS Kota Binjai, Sumatera Utara II piagam penghargaan
7. Satker Berprestasi kategori Pelaksana Anggaran KPPN 2012 Kabupaten BPS Kab. Tanjung, Kalimantan Selatan II piagam penghargaan
8. Manajemen Pencairan Dana APBN KPPN 2012 Kabupaten BPS Kab. Tanjung, Kalimantan Selatan III piagam penghargaan
9. Satker Terbaik Pertama untuk kategori perencanaan kas KPPN 2013 Kabupaten BPS Pasaman Barat, Sumatera Barat I Plakat
BPS Kab Sragen,  Jawa Tengah I piagam penghargaan
10. Penyusunan Laporan Keuangan tingkat UAKPA terbaik KPPN 2010 Kabupaten BPS Kab. Pelalawan, Riau Harapan I piagam penghargaan
BPS Kab. Inhil,  Riau I piagam penghargaan
BPS Kota Kendari, Sulawesi Tenggara III piagam penghargaan
BPS Kab. Kendari, Sulawesi Tenggara II piagam penghargaan
2011 Kabupaten BPS Kab. Pelalawan, Riau II piagam penghargaan
BPS Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan I piagam penghargaan
BPS Kota Kendari, Sulawesi Tenggara IV piagam penghargaan
2012 Kabupaten BPS Kab. Tanjung Jabung Barat, Jambi III piagam penghargaan
BPS Kab. Pelalawan, Riau II piala penghargaan
2013 Kabupaten BPS Kab Kulon Progo, DI Yogyakarta I tropi dan piagam penghargaan
BPS Kab. Kendari, Sulawesi Tenggara IX piagam penghargaan
11. Penilaian Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W  Kanwil DJPB Provinsi 2012 Provinsi BPS Provinsi DIY I piagam penghargaan
BPS Provinsi DKI Jakarta VI SK dan piagam penghargaan
BPS Provinsi Jawa Barat IV piagam penghargaan
BPS Provinsi Jambi III piagam penghargaan

BPS Provinsi Banten

III plakat penghargaan
BPS Provinsi Nusa Tenggara Barat I piagam penghargaan
BPS Provinsi Papua Barat II piagam penghargaan
2013 Provinsi BPS Provinsi Jambi V piagam penghargaan
BPS Provinsi Bangka Belitung II piagam penghargaan
BPS Provinsi Sulawesi Tenggara III piagam penghargaan
BPS Provinsi Nusa Tenggara Barat I piagam penghargaan
12. Satker terbaik dalam pengajuan SPM, Rekonsiliasi, Penyusunan LPJ Bendahara, penyampaian Laporan ke KPPN KPPN 2010 Kabupaten BPS Kab. Dharmasraya, Sumatera Barat I piagam penghargaan
Kabupaten BPS Kab. Sawahlunto, Sumatera Barat I piagam penghargaan
Provinsi BPS Provinsi Sumatera Barat III piagam penghargaan
Kanwil DJPB Provinsi 2010 Provinsi BPS Provinsi Bali I piagam penghargaan
KPPN 2011 Kabupaten BPS Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara I piagam penghargaan
BPS Kota Sibolga, Sumatera Utara II piagam penghargaan
Kanwil DJBP Provinsi 2011 Provinsi BPS Provinsi Bali IV piagam penghargaan
KPPN 2012 Kabupaten BPS Kab. Tobelo. Maluku Utara III piagam penghargaan
BPS Kota Sibolga, Sumatera Utara I piagam penghargaan
BPS Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara - piagam penghargaan
BPS Kab. Muaro Jambi, Jambi V piagam penghargaan
BPS Provinsi Bengkulu IV piagam penghargaan
BPS Kota Karimun, Kepulauan Riau IV piagam penghargaan
BPS Kab Pati, Jawa Tengah I piala dn SK
BPS Kab Bangli, Bali IV piagam penghargaan
BPS Kab Halmahera, Maluku Utara III piagam penghargaan
2013 Provinsi  BPS Kota Cimahi, Jawa Barat IV piagam penghargaan
Kabupaten BPS Kab Magelang, Jawa Tengah II piagam penghargaan
Provinsi  Kota Batam, Kepulauan Riau V surat keterangan
Kabupaten BPS Kab. Buntok, Kalimantan Tengah I piagam penghargaan
Kabupaten BPS Kota Kediri,  Jawa Timur - piagam penghargaan
Kabupaten BPS Kab Bangli, Bali III piagam penghargaan
13. satker dengan kinerja terbaik  dalam kerjasama dengan KPPN KPPN 2010 Kabupaten BPS Kab. Bener Meriah, Aceh III piagam penghargaan
KPPN 2012 Kabupaten BPS Kab Maros, Sulawesi Selatan - piagam penghargaan
Kanwil DJPB Provinsi 2013 Provinsi  BPS Provinsi NTB I piagam penghargaan
14. Satker Utama Mitra Kerja KPPN  KPPN 2011 Kabupaten BPS Kota Medan, Sumatera Utara I piagam penghargaan
2012 Kabupaten BPS Kota Binjai, Sumatera Utara I piagam penghargaan
BPS Kab. Ketapang, Kalimantan Barat - piagam penghargaan

 

BPS Kota Magelang,  Jawa tengah

I SK dan KARTU PASTI
Provinsi BPS Kab. Taklar, Sulawesi Selatan XIIII piagam penghargaan
2013 Kabupaten BPS Kab. Ketapang, Kalimantan Barat I piagam penghargaan
BPS Kab. Mamuju, Sulawesi Barat I piagam penghargaan
15. Kinerja Pengelola Keuangan Negara Kanwil DJPB Provinsi 2010 Provinsi BPS Kota Cilegon, Banten piagam penghargaan
2011 Kabupaten BPS Kab Rejang Lebong, Bengkulu I piagam penghargaan
BPS Kab Mukomuko, Bengkulu II piagam penghargaan
BPS Kab Bengkulu Selatan, Bengkulu  III piagam penghargaan
2013 Provinsi BPS Provinsi Bengkulu I piagam penghargaan
16. Penghargaan atas ketepatan waktu Rekonsiliasi Realisasi APBN  KPPN 2011 Kabupaten BPS Kota Kediri,  Jawa Timur - piagam penghargaan
17. Kepatuhan dalam melakukan pelaporan dan akuntansi Kementrian Keuangan Republik Indonesia Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi 2011 Provinsi  BPS Provinsi Kalimantan Barat - piagam penghargaan
Kuasa Bendahara Umum Negara 2011 Kabupaten BPS Kab. Sanggau, Kalimantan Barat - piagam penghargaan

KPPN 

2013 Kabupaten BPS Kab. Singkawang, Kalimantan Barat - piagam penghargaan
18. Penilaian Pengelolaan dan rekonsiliasi BMN Kanwil DJKN 2011 Provinsi  BPS Provinsi Bali I piagam penghargaan
BPS Provinsi Sulawesi Tengah - piagam penghargaan
2012 Provinsi  BPS Provinsi Kepri III piagam penghargaan
BPS Provinsi DKI Jakarta I plakat dan piagam penghargaan
BPS Provinsi Sulawesi Barat III piagam penghargaan
BPS Provinsi Sulawesi Tengah - piagam penghargaan
2013 Provinsi  BPS Provinsi Sumatera Barat I piagam penghargaan
BPS Provinsi Riau I plakat dan piagam penghargaan
BPS Provinsi Sulawesi Tengah - piagam penghargaan
KPKN 2013 Provinsi  BPS Provinsi Bali - piagam penghargaan
19. Pelaporan Terbaik Rekonsiliasi Pelaporan Keuangan dan Akuntansi (SAI) Dirjen Perbendaharaan 2012 Provinsi BPS Provinsi Sulawesi Tengah I piagam penghargaan
KPPN 2012 Kabupaten BPS Kab Musi Banyuasin,Sumatera Selatan  III piagam penghargaan
BPS Kab. Buntok, Kalimantan Tengah VI piagam penghargaan
Kanwil DJPB Provinsi 2013 Kabupaten BPS Kab. Sampit, Kalimantan Tengah IV piagam penghargaan
Provinsi BPS Provinsi Kalimantan Barat - piagam penghargaan
20. Wajib Pajak Bendahara Pemerintah Pusat dengan Tingkat Kepatuhan Formal Terbaik Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan Untuk Pelaporan dan Penyetoran PPh dan PPN Kementrian Keuangan RI Direktorat Jenderal Pajak  2011 Kabupaten BPS Kab. Taklar, Sulawesi Utara II piagam penghargaan
KPP Pratama 2012 Kabupaten BPS Kab. Kolaka, Sulawesi Tenggara  I piagam penghargaan
21. Satker terbaik rekonsiliasi SAKPA KPPN 2012 Kabupaten BPS Kab Tulungagung, Jawa Timur I Plakat penghargaan
BPS Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara III piagam penghargaan
2013 Kabupaten BPS Kota Padangpanjang, Sumatera Barat I piagam penghargaan
BPS Kab Wajo, Sulawesi Selatan III piagam penghargaan
22.  Bendahara Pemerintah Pusat (Vertikal) Terpatuh KPPN 2012 Kabupaten BPS Kab. Majene, Sulawesi Barat - piagam penghargaan
Kanwil Perpajakan  2013 Provinsi  BPS Provinsi Sulawesi Barat I piagam penghargaan
23. Satker dengan penyampaian laporan keuangan terbaik KPPN 2011 Kabupaten BPS Kab. Barabai, Kalimantan Selatan II piagam penghargaan
2012 Kabupaten BPS Kota Yogyakarta, Provinsi DIY I piagam penghargaan
Provinsi  BPS Provinsi Gorontalo IV piagam penghargaan
Kabupaten BPS Kab Subang,  Jawa Barat I piagam penghargaan
Kabupaten BPS Kab. Barabai, Kalimantan Selatan I piagam penghargaan
Provinsi  BPS Provinsi Jawa Barat I Piala penghargaan
Provinsi  BPS Provinsi Aceh - kenang-kenangan
2013 Provinsi  BPS Provinsi Kepri III piagam penghargaan
24. Penilaian Kinerja Pengelolaan Keuangan Satuan Kerja dalam Wilayah Pembayaran KPPN KPPN 2014 Provinsi  BPS Kab Bantul,  DI Yogyakarta III SK-KPPN
25. Kecepatan dan keakuratan pengajuan SPM Gaji Induk  KPPN 2013 Kabupaten BPS Kab Kediri, Jawa Timur IV plakat dan piagam penghargaan
BPS Kota Padangpanjang, Sumatera Barat I piagam penghargaan
26. Satuan Kerja Terbaik  KPPN 2012 Kabupaten BPS kab Jembrana, Bali -
2013 Kabupaten Kab. Puncak jaya, Papua I piagam penghargaan
Kab. Tolikara, Papua IX piagam penghargaan
BPS Kab Kaur, Bengkulu I piagam penghargaan
Provinsi BPS Kota Malang, Jawa Timur I -
27. Satker Terbaik Kategori Manajemen Komunikasi Perbendaharaan Negara KPPN 2013 Kabupaten BPS Kab. Tanjung, Kalimantan Selatan I piagam penghargaan
28. Satker yang melakukan Rekonsiliasi no. 3 bulan April 2013 KPPN 2013 Karesidenan BPS Kab Ngawi, Jawa Timur III piagam penghargaan

Pengaduan

Tata Cara Pengaduan
 

Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh BPS RI bagi anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan terindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 

 

Formulir Pengaduan adalah formulir online yang disediakan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah apabila anda memiliki informasi atau ingin melaporkan pelanggaran yang terjadi di BPS Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu, anda juga dapat menghubungi WhatsApp Sicantik pada nomor 0811 521 6200

 

"Pengaduan anda akan kami tindak lanjuti jika mengandung bukti-bukti yang jelas dan disertai identitas diri yang benar". Dan anda tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena Sekretariat Layanan Pengaduan akan MERAHASIAKAN IDENTITAS DIRI ANDA sebagai whistleblower. Kami sangat menghargai informasi yang Anda laporkan. Fokus kami kepada materi informasi yang Anda laporkan.

 

1. Hak Pelapor

    a. Perlindungan kerahasiaan identitas

    b. Memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan

    c. Mendapatkan informasi tahapan laporan pengaduan yang didaftarkan

    d. Perlakuan yang sama dan setara dengan terlapor dalam pemeriksaan

 

2. Hak Terlapor

    a. Dapat mengajukan saksi dan alat bukti lain untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah

    b. Meminta Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dirinya

 

3. Hak Pemeriksaan

    a. Merahasiakan kesimpulan dan hasil rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan

    b. Menentukan jangka waktu yang memadai untuk menangani suatu pengaduan

Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial