Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Perka BPS Nomor 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS
2 mb

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  • Pelayanan Perpustakaan;
  • Pelayanan Konsultasi Statistik melalui Media Datang Langsung;
  • Pelayanan Konsultasi Statistik melalui Media Online;
  • Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

SK Standar Pelayanan BPS Kabupaten Mamasa 2024
1.03 mb
Standar Pelayanan Telah Dimaklumatkan BPS Kabupaten Mamasa
601.09 kb
Perka BPS Nomor 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS
2 mb

std pelayanan

1. Persyaratan Pelayanan

Persyaratan Pelayanan

2. Alur/Prosedur Pelayanan

Prosedur

3. Waktu Pelayanan

waktu

4. Biaya Pelayanan

biaya

5. Pengaduan Pelayanan

pengaduan

6. Maklumat Pelayanan

maklumat pelayanan

Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kompensasi Mamasa

Jenis Layanan

BPS Kabupeten Mamasa sebagai penyelenggara pelayanan publik bersama-sama dengan perwakilan masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik BPS dan narasumber di bidang pelayanan publik, telah menghasilkan kesepakatan Standar Pelayanan Publik di lingkungan Badan Pusat Statistik Kabupeten Karangannyar sebagai berikut:

  • Standar Pelayanan Perpustakaan;
  • Standar Pelayanan Konsultasi Statistik; dan
  • Standar Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.

BPS Kabupeten Mamasa sebagai penyelenggara pelayanan publik bersama-sama dengan perwakilan masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik BPS dan narasumber di bidang pelayanan publik, telah menghasilkan kesepakatan Standar Pelayanan Publik di lingkungan Badan Pusat Statistik Kabupeten Karangannyar sebagai berikut:  Standar Pelayanan Perpustakaan; Standar Pelayanan Konsultasi Statistik; dan Standar Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.

0 rupiah bps mamasa

Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

1. Front office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung

Front office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung
332.62 kb

2. Ruang tunggu pelayanan

Ruang tunggu pelayanan
437.08 kb

3. Tempat parkir aman dan nyaman

Tempat parkir aman dan nyaman
394.8 kb

4. Tempat ibadah

Tempat ibadah
94.77 kb

5. Front office layanan pengaduan tatap muka langsung

Front office layanan pengaduan tatap muka langsung
40.96 kb

6. Jalur Evakuasi

Jalur evakuasi
297.29 kb
Pelaksana Layanan

Ketua Tim IPDS BPS Kabupaten Mamasa bertugas sebagai Ketua Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Mamasa


Petugas Pelayanan adalah Seluruh Pegawai BPS Kabupaten Mamasa kecuali Pegawai Struktural, Bendahara, dan Penanggung Jawab Kegiatan BPS Kabupaten Mamasa.

struktur organisasi

Pelayanan Berkebutuhan Khusus
1. Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus
Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus
291.36 kb
Survei Kepuasan Masyarakat
Dasar hukum : PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Pelaksanaan Kegiatan : Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan : 1. Tahunan
2. Triwulanan
3. Setiap Saat melalui SPATULA (Saran Pengaduan Online dan Rating Petugas Layanan) dan SKD
Pelaksana Kegiatan : BPS Kabupaten Mamasa

SKD2024_Tw1
SKD2024_TWII

No. Uraian Link Unduh
1. Hasil Survei Kebutuhan Data 2019 Unduh
2. Hasil Survei Kebutuhan Data 2020 Unduh
3. Hasil Survei Kebutuhan Data 2021 Unduh
4. Hasil Survei Kebutuhan Data 2022 Unduh
5. Hasil Survei Kebutuhan Data 2023 Unduh
6. Hasil Survei Kebutuhan Data 2024 Triwulan I Unduh
7. Hasil Survei Kebutuhan Data 2024 Triwulan II Unduh
8. Hasil Survei Kebutuhan Data 2024 Triwulan III Unduh
9. Hasil Survei Kebutuhan Data 2024 Triwulan IV Unduh
10. Hasil Survei Kebutuhan Data 2024 Semester I Unduh
11. Hasil Survei Kebutuhan Data 2024 Semester II Unduh
Penghargaan

- (belum ada) -

Pengaduan

Sarana Pengaduan

Pengaduan Langsung  : QR Code pengaduan pada unit PST BPS Kabupaten Mamasa

Website                         : Saran Pengaduan Online dan Rating Petugas Layanan (SPATULA)  

http://webapps.bps.go.id/sulbar/spatula/penilaian/7603/layanan

E-mail                            : bps7603@bps.go.id

SMS/WhatsApp            : 0851-8688-7603

SP4N-LAPOR               : www.lapor.go.id, SMS 1708, Twitter @lapor1708, aplikasi Android dan iOS

Booklet atau Leaflet Layanan
Sistem Statistik Nasional (Leaflet)
1.54 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis (Leaflet)
2.16 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral (Leaflet)
1.78 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Online (Leaflet)
5.43 mb
BPS WebAPI (Leaflet)
1.25 mb
Aplikasi ALLSTATS BPS (Leaflet)
1.16 mb
Cara Mengunduh Data BPS (Leaflet)
6.2 mb
Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb
Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
306.06 kb
Transdata - Sistem Pertukaran Data K/L (Leaflet)
2.22 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
T. (021) 3507057
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial