BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:
Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.
Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.
Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab. Di BPS Provinsi Sumatera Barat juga memberikan pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh Tim Diseminasi Statistik.
Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 65 tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.
Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
BPS Provinsi Sumatera Barat telah menetapkan Standar Pelayanan Statistik melalui Peraturan Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat No.040 Tahun 2025 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025.
Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat baik yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), meliputi:
1. Pelayanan Perpustakaan
2. Pelayanan Konsultasi Statistik
3. Pelayanan Penjualan Produk Statistik
4. Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
STANDAR PELAYANAN
LAYANAN PERPUSTAKAAN
LAYANAN KONSULTASI STATISTIK
LAYANAN PENJUALAN PRODUK STATISTIK
LAYANAN REKOMENDASI STATISTIK
MAKLUMAT PELAYANAN
Kebijakan Mutu merupakan kebijakan BPS Provinsi Sumatera Barat tentang komitmen unit Pelayanan Statistik Terpadu dalam memperhatikan dan mempertimbangkan aspek-aspek mutu dalam aktivitas penyelenggaraan pelayanan statistik.
Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
*Setiap permintaan data akan dilayani sesuai dengan Perka BPS No 65 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik dan Perka BPS Provinsi Sumatera Barat No. 040 Tahun 2025 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik di Lingkungan BPS Provinsi Sumatera Barat.
TARIF BARU LAYANAN
Selengkapnya:
LAYANAN NOL RUPIAH
1. Front office dan Pengambilan Nomor Antrian
2. Ruang Tunggu
3. Ruang PPID
4. Front Liner PST
5. Meja/Kursi Layanan
- PC Layanan Digital
- Layanan Konsultasi Statistik
- Layanan Difabel
6. Ruang Bermain Anak dan Ruang Laktasi
7. Layanan Pengaduan Tatap Muka Langsung
8. Waserda dan Fotocopy
9. Tempat Ibadah
10. Toilet Pengguna
11. Halaman Parkir Pengunjung
Pelaksana Layanan
Pelaksana Layanan meliputi :
1. Petugas Front Office
2. Petugas Layanan Konsultasi, Perpustakaan, Penjualan Produk BPS, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik
3. Petugas Layanan Pengaduan
Kompetensi Pelaksana Layanan :
1. Memahami peraturan perundang-undangan.
2. Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik.
3. Menguasai prosedur pelayanan.
4. Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai.
5. Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi.
6. Mampu mengoperasikan sistem pelayanan.
7. Memiliki ketrampilan bahasa; dan
8. Bersikap ramah dan sopan.
Jaminan Pelayanan :
Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)
Dasar hukum | : | PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik |
Konsep Kegiatan | : | Kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik. |
Tujuan Kegiatan | : | Mendapatkan bahan evaluasi dari konsumen dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan data dan informasi statistik |
Pelaksanaan Kegiatan | : | Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS Provinsi Sumatera Barat diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)” |
Periode Pelaksanaan | : |
1. Tahunan |
Pelaksana Kegiatan | : | Tim Diseminasi BPS Provinsi Sumatera Barat |
Hasil SKD Triwulan I 2025
Hasil SKD Tahun 2024
Hasil SKD Triwulan IV 2024
Hasil SKD Triwulan III 2024
Hasil SKD Triwulan II 2024
Hasil SKD Triwulan I 2024
No | Uraian | Link Unduh |
1. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2024 | Unduh |
2. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat Triwulan I 2024 | Unduh |
3. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat Triwulan II 2024 | Unduh |
4. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat Triwulan III 2024 | Unduh |
5. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat Triwulan IV 2024 | Unduh |
6. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2023 | Unduh |
7. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2022 | Unduh |
8. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2021 | Unduh |
9. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2020 | Unduh |
10. | Hasil Survei Kebutuhan Data Provinsi Sumatera Barat 2019 | Unduh |
11. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2018 | Unduh |
12. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2017 | Unduh |
13. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2016 | Unduh |
14. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2015 | Unduh |
15. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2014 | Unduh |
16. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2013 | Unduh |
17. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2012 | Unduh |
18. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2011 | Unduh |
19. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2010 | Unduh |
20. | Hasil Survei Kebutuhan Data 2009 | Unduh |
Sertifikat SNI ISO 9001:2015
Penghargaan Sebaggai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Tahun 2024
Penghargaan Sebagai Badan Publik Informatif dan Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 dari Komisi Informasi Publik Provinsi Sumatera Barat
Penghargaan Sebagai Badan Publik Informatif dan Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 dari Komisi Informasi Publik Provinsi Sumatera Barat
Penghargaan DJPb Awards 2023 Kategori Laporan Keuangan Unit Akuntansi Penggunaan Anggaran (UAPPA) Peringkat II
Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat.
Penghargaan LPJ terbaik Semester 1 Tahun 2023 Lingkup KPPN Padang Peringkat 3
Penghargaan Sebagai Badan Publik Informatif Tahun 2021 dari Komisi Informasi Publik Provinsi Sumatera Barat
Penghargaan Atas Komitmen, Kolaborasi, dan Keberhasilan dalam Merealisasikan Nagari Statistik untuk Meningkatkan Kualitas Tata Kelola dan Ketersediaan Data Akurat di Tingkat Nagari Tahun 2021
Penghargaan Atas Juara I Pengelolaan Layanan Statistik Tahun 2021
Penghargaan Atas Peringkat I Penyusunan Metadata Statistik Sektoral/Khusus Tahun 2021
Penghargaan Atas Peringkat I Metadata Statistik Sektoral/Khusus Tahun 2021
Penghargaan Atas Harapan I Pengelolaan Aktivitas Promosi Statistik Tahun 2021
Penghargaan Sebagai Unit Kerja Pelayanan Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2020 dari Kemenpan RB
Penghargaan Sebagai Badan Publik Informatif Tahun 2020 dari Komisi Informasi Publik Provinsi Sumatera Barat
Penghargaan Sebagai Badan Publik Informatif Tahun 2019 dari Komisi Informasi Publik Provinsi Sumatera Barat
Penghargaan Sebagai Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2018 dari Komisi Informasi Publik Provinsi Sumatera Barat
Penghargaan Sebagai Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2017 dari Komisi Informasi Publik Provinsi Sumatera Barat
Penghargaan Sebagai Peringkat 3 Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2016 dari Komisi Informasi Publik Provinsi Sumatera Barat
Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:
Alur Pengaduan
Laporan Evaluasi dan Penganganan Pengaduan