Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat telah menetapkan Surat Keputusan Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat No. 187/KPG Tahun 2025 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat.

SK Standar Pelayanan 2025
1.27 mb

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat, yang meliputi:

  • Layanan Perpustakaan
  • Layanan Konsultasi Statistik
  • Layanan Penjualan Produk Statistik/Produk Statistik Berbayar
  • Layanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

BPS Provinsi Sulawesi Barat memiliki 4 jenis layanan, yaitu:

Layanan Perpustakaan
Layanan Konsultasi Statistik
Layanan Penjualan Produk Statistik/Produk Statistik Berbayar
Layanan Rekomendasi Kegiatan Statistik

Standar pelayanan dapat dibaca pada dokumen di bawah ini:

SK Standar Pelayanan 2025
1.27 mb

Standar pelayanan dalam bentuk infografis:

      

     

  

Maklumat Pelayanan

Kebijakan Mutu Pelayanan

Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu pada Pelayanan Statistik Terpadu

     

   

Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Jenis Layanan

BPS Provinsi Sulawesi Barat memiliki 4 jenis layanan, yaitu:

  1. Layanan Perpustakaan
  2. Layanan Konsultasi Statistik
  3. Layanan Penjualan Produk Statistik/Produk Statistik Berbayar
  4. Layanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan
  1. Meja
  2. Kursi
  3. Nomor antrian
  4. Ruang tunggu pelayanan
  5. Buku tamu
  6. Buku/pustaka hardcopy
  7. File pustaka softcopy ber-watermark
  8. Jaringan Intranet/Internet
  9. Portal pst.bps.go.id
  10. Toilet pengguna
  11. Ruang laktasi
  12. Arena bermain anak
  13. Ruang ibadah
  14. Area merokok
  15. Kursi roda/tongkat/kruk
  16. Pegangan rambat
  17. Guiding Block
  18. Pendingin ruangan
  19. Air minum
  20. Bahan bacaan
  21. Pengisi daya baterai alat komunikasi/charger booth
  22. Televisi
  23. Layar display informasi
  24. Bahan cetak informasi layanan
  25. Kotak P3K
  26. Alat pemadam api ringan (APAR)
  27. CCTV
  28. Tempat parkir tamu
  29. Nomor WhatsApp Layanan
  30. Email Layanan
  31. Aplikasi meeting online
  32. Invoice
  33. Produk Statistik
  34. Layanan penyimpanan dokumen online
  35. Formulir rekomendasi kegiatan statistik sektoral
    Pelaksana Layanan

    Pelaksana Layanan di BPS Provinsi Sulawesi Barat tertuang dalam Surat Keputusan Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat tentang Tim Pelayanan Statistik.

    SK Tim Pelayanan Publik per Maret 2025
    271.22 kb
    Pelayanan Berkebutuhan Khusus

    1. Arena bermain anak

    2. Ruang Laktasi

    3. Kursi roda/tongkat/kruk

    Sarana Kebutuhan Khusus
    2.15 mb
    Survei Kepuasan Masyarakat
    Dasar Hukum : PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
    Pelaksanaan Kegiatan : Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
    Periode Pelaksanaan : Survei Kebutuhan Data dilaksanakan setiap tahun. Sejak tahun 2024, SKD dilaksanakan sepanjang tahun dan hasilnya direkap secara triwulanan

    Laporan/Publikasi Hasil Survei Kebutuhan Data Tahunan:

    2011 2012 2013 2014 2015
    2016 2017 2018 2019 2020
    2021 2022 2023 2024

    Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulanan:

    Triwulan I 2024 Triwulan II 2024 Triwulan III 2024 Triwulan IV 2024
    Triwulan I 2025 Triwulan II 2025

    Hasil Survei Kebutuhan Data dipublikasikan dalam bentuk poster/infografis:

    Hasil SKD 2020 Hasil SKD 2021 Hasil SKD 2022
       Hasil SKD 2023 Hasil SKD 2024 Hasil SKD Triwulan I 2025
    Hasil SKD Triwulan II 2025

      

    Penghargaan

    Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada Pelayanan Statistik Terpadu

    Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Tahun 2024

    Pengaduan

    Sarana Pengaduan

    Pengaduan Langsung  : Kotak saran dan pengaduan pada unit PST BPS Provinsi Sulawesi Barat

    Website                         : 1) https://www.lapor.go.id

                                            2) Saran Pengaduan Online dan Rating Petugas  Layanan (SPATULA)  https://s.bps.go.id/saran-pengaduan-sulbar

    E-mail                            : bps.sulbar@bps.go.id

    SMS/WhatsApp            : 0822-9338-2522

    Media sosial                 : X @lapor1708, Instagram @lapor1708, Facebook lapor1708

    Laporan Penanganan Pengaduan Pelayanan Publik

    Periode Pengaduan Lihat File
    Januari - Desember 2022 Lihat File
    Januari - Desember 2023 Lihat File
    Januari - Desember 2024 Lihat File
    Booklet atau Leaflet Layanan

    Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
    6.13 mb

    Pejabat Pengelola
    Informasi dan Dokumentasi

    Badan Pusat Statistik

    Gedung 2 Lantai 1
    (Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
    Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
    F. (021) 3857046
    e-mail: ppid@bps.go.id

    Ikuti Kami
    di Media Sosial