Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  1. Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  2. Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  3. Memperpendek proses pelayanan;
  4. Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  5. Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  1. Pelayanan Perpustakaan
  2. Pelayanan Konsultasi Statistik
  3. Pelayanan Penjualan Produk Statistik
  4. Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan PST BPS Kota Semarang 2024

SK Standar Pelayanan PST 2025
5.8 mb
SK Standar Pelayanan PST 2024
983.81 kb
SK Maklumat Pelayanan PST 2025
161.47 kb
SK Maklumat Pelayanan PST 2024
612.58 kb
SK Maklumat Pelayanan PST 2023
259.29 kb
Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Surat Edaran Kompensasi Layanan 2025
858.5 kb
Jenis Layanan

Jenis Layanan di BPS Kota Semarang:

\

SK Standar Pelayanan PST 2025
5.8 mb
SK Standar Pelayanan PST 2024
983.81 kb
Standar Pelayanan Perpustakaan 2025
279.93 kb
Standar Pelayanan Produk Statistik Berbayar 2025
367.76 kb
Standar Pelayanan Konsultasi Statistik 2025
311.65 kb
Standar Pelayanan Rekomendasi Statistik 2025
322.74 kb
Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 Tentang PNBP yang berlaku di BPS
257.27 kb
Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Nol Rupiah
2.78 mb
Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan di BPS Kota Semarang

1. Sarana Pelayanan Datang Langsung

   a. Sarana Front Office (FO) bagian Informasi di Unit Layanan

Sarana Front Office 2025
1.76 mb
Sarana Front Office 2024
530.24 kb

   b. Sarana Ruang Tunggu Pelayanan

Sarana Ruang Tunggu 2025
393.55 kb
Sarana Ruang Tunggu 2024
480.23 kb

   c. Sarana Layanan Pengaduan

Sarana Pengaduan
1.21 mb

   d. Sarana Tempat Parkir Aman dan Nyaman

Sarana Parkir 2025
763.63 kb
Sarana Parkir 2024
662.13 kb

   e. Sarana bagi Pengguna Layanan Kelompok Rentan

Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan kelompok rentan 2025
1.2 mb
Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan kelompok rentan 2024
602.57 kb

   f. Sarana Toilet yang Bersih, Sehat dan Memadai

Sarana Toilet 2025
657.95 kb
Sarana Toilet 2024
432.86 kb

   g. Sarana Penunjang

Sarana Penunjang 2025
1.53 mb
Sarana Penunjang 2024
569.24 kb

2. Sarana Pelayanan Daring

Pelaksana Layanan

Pelaksana Layanan meliputi :

1. Petugas Front Office

2. Petugas Layanan Konsultasi, Perpustakaan, Penjualan Produk BPS, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik

3. Petugas Layanan Pengaduan

Kompetensi Pelaksana Layanan :

1.  Memahami peraturan perundang-undangan.

2.  Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik.

3.  Menguasai prosedur pelayanan.

4.  Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai. 

5.  Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi.

6.  Mampu mengoperasikan sistem pelayanan.

7.  Memiliki ketrampilan bahasa; dan 

8. Bersikap ramah dan sopan.

Jaminan Pelayanan :

Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Surat Edaran Penghargaan dan Sanksi 2024
159.05 kb
Pelayanan Berkebutuhan Khusus

Alur Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas, sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus, ruang laktasi, ibu hamil, dan balita 

Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan kelompok rentan 2025
1.2 mb
Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan kelompok rentan 2024
602.57 kb
Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar hukum :
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Pelaksanaan Kegiatan :
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”

Periode Pelaksanaan :
Tahunan melalui Survei Kebutuhan Data

Pelaksana Kegiatan :
Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Semarang

Publikasi Terkait Survei Kebutuhan Data Tahunan meliputi :

  • Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Semarang 2024 dapat diunduh disini
  • Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Semarang 2023 dapat diunduh disini
  • Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Semarang 2022 dapat diunduh disini
  • Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Semarang 2021 dapat diunduh disini
  • Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Semarang 2020 dapat diunduh disini
  • Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Semarang 2019 dapat diunduh disini

Publikasi Terkait Survei Kebutuhan Data Triwulanan dan Semesteran meliputi :

  1. Laporan SKD BPS Kota Semarang Triwulan III Tahun 2025 dapat diunduh disini
  2. Laporan SKD BPS Kota Semarang Triwulan II Tahun 2025 dapat diunduh disini
  3. Laporan SKD BPS Kota Semarang Triwulan I Tahun 2025 dapat diunduh disini
  4. Laporan SKD BPS Kota Semarang Semester II Tahun 2024 dapat diunduh disini
  5. Laporan SKD BPS Kota Semarang Triwulan IV Tahun 2024 dapat diunduh disini
  6. Laporan SKD BPS Kota Semarang Triwulan III Tahun 2024 dapat diunduh disini
  7. Laporan SKD BPS Kota Semarang Semester I Tahun 2024 dapat diunduh disini
  8. Laporan SKD BPS Kota Semarang Triwulan II Tahun 2024 dapat diunduh disini 

Infografis SKD meliputi:

  • Hasil SKD Triwulan 3 Tahun 2025

  • Hasil SKD Triwulan 2 Tahun 2025

  • Hasil SKD Triwulan 1 Tahun 2025

  • Hasil SKD Tahunan 2024

   

Penghargaan
Penghargaan BPS Kota Semarang 2024
735.91 kb
Penghargaan BPS Kota Semarang 2023
1.3 mb
Penghargaan BPS Kota Semarang 2022
330.93 kb
Penghargaan BPS Kota Semarang 2021
410.19 kb
Penghargaan BPS Kota Semarang 2020
280.92 kb
Pengaduan

Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh BPS RI bagi anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 

"Pengaduan anda akan kami tindaklanjuti jika mengandung bukti-bukti yang jelas dan disertai identitas diri yang benar". Dan anda tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena Sekretariat Layanan Pengaduan akan MERAHASIAKAN IDENTITAS DIRI ANDA sebagai whistleblower. Kami sangat menghargai informasi yang Anda laporkan. Fokus kami kepada materi informasi yang Anda laporkan.

1. Hak Pelapor
    a. Perlindungan kerahasiaan identitas
    b. Memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan
    c. Mendapatkan informasi tahapan laporan pengaduan yang didaftarkan
    d. Perlakuan yang sama dan setara dengan terlapor dalam pemeriksaan
2. Hak Terlapor
    a. Dapat mengajukan saksi dan alat bukti lain untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah
    b. Meminta Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dirinya
3. Hak Pemeriksaan
    a. Merahasiakan kesimpulan dan hasil rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan
    b. Menentukan jangka waktu yang memadai untuk menangani suatu pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

  • Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Semarang
  • E-mail : bps3374@bps.go.id
  • Whatsapp : 085-11711-3374
  • Form Pengaduan : s.bps.go.id/pengaduanbps3374

Pengaduan juga dapat dilakukan dengan mengakses Sistem Layanan Pengaduan BPS disini dan Sistem Layanan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Laporan Pengaduan

Laporan Pengaduan 2025 Triwulan II

Laporan Pengaduan 2025 Triwulan I

Laporan Pengaduan 2024 Triwulan IV

Laporan Pengaduan 2024 Triwulan III

Laporan Pengaduan 2024 Triwulan II

Laporan Pengaduan 2024 Triwulan I

Laporan Pengaduan 2023 

Booklet atau Leaflet Layanan
Leaflet PST Layanan Konsultasi Statistik
1.62 mb
Leaflet PST Layanan Rekomendasi Statistik
1.6 mb
Leaflet PST Layanan Perpustakaan
1.44 mb
Sistem Statistik Nasional - Leaflet
1.54 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis - Leaflet
2.16 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral - Leaflet
1.78 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Online - Leaflet
5.43 mb
BPS WebAPI - Leaflet
1.25 mb
Aplikasi ALLSTAT BPS - Leaflet
1.16 mb
Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS - Leaflet
6.13 mb
Pelayanan Statistik Terpadu BPS - Leaflet
306.06 kb
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS - Leaflet
961.03 kb
Transdata - Sistem Pertukaran Data K/L - Leaflet
2.22 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial