Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 65 tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  • Pelayanan Perpustakaan;
  • Pelayanan Konsultasi Statistik;
  • Pelayanan Penjualan Produk Statistik Berbayar; dan
  • Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.
Kebijakan Mutu Pelayanan

Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan
STANDAR PELAYANAN BPS PROVINSI JAWA TIMUR
1. Standar Pelayanan Perpustakaan
2. Standar Pelayanan Konsultasi Data Statistik
3. Standar Pelayanan Penjualan Produk Statistik Berbayar
4. Standar Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Jawa Timur Tahun 2024
676.65 kb

STANDAR BIAYA PELAYANAN

1. Berbayar:
PP Nomor 13 Tahun 2024 tentang Tarif dan Biaya PNBP di Lingkungan Badan Pusat Statistik
1.02 mb
2. Nol Rupiah:




Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb

Kompensasi Layanan

Terlampir Surat Keputusan Kepala BPS Provinsi Jawa Timur Kompensasi Bagi Penerima Layanan yang Tidak Sesuai Standar pelayanan
SK Kompensasi Pelayanan PST Jatim
191.67 kb
Jenis Layanan

Setiap permintaan data akan dilayani sesuai dengan Kepka BPS Provinsi Jawa Timur Nomor 0730098/35/PST Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Jawa Timur Tahun 2024
676.65 kb

Selengkapnya:

Peraturan Badan Pusat Statistik No. 2 Tahun 2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Rp0,00 (nol rupiah)
2.78 mb

 

Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan
  • Front Office dan Ruang Tunggu Pelayanan Statistik Terpadu

  

  • Ruang Pelayanan Statistik Terpadu

       

  • Ruang Coaching Clinic

     

  • Tempat Parkir Motor, Mobil dan Petugas Keamanan yang Ramah

     

  • Arena Bermain Anak, Co-Working Space,  Koperasi, Mushola dan Ruang Laktasi

      

  • Toilet Khusus Pengguna Layanan

      

  • Sarana Pengaduan Secara Langsung

Pelaksana Layanan

Pelayanan Berkebutuhan Khusus
  1.  Sarana Pelayanan Untuk Konsumen Berkebutuhan Khusus

     

    2.   Sarana Pelayanan Untuk Balita, Ibu Menyusui dan Playground untuk Anak-Anak

  

Survei Kepuasan Masyarakat
Dasar hukum : PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Pelaksanaan Kegiatan : Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan :

1. Tahunan
2. Triwulanan
3. Semesteran
4. Setiap Saat melalui three colour survey/rating survey

Pelaksana Kegiatan : BPS Provinsi Jawa Timur

Publikasi Survei Kebutuhan Data (Tahunan)

  1. Survei Kebutuhan Data Provinsi Jawa Timur 2020
  2. Survei Kebutuhan Data Provinsi Jawa Timur 2021
  3. Survei Kebutuhan Data Provinsi Jawa Timur 2022
  4. Survei Kebutuhan Data Provinsi Jawa Timur 2023

Laporan Survei Kebutuhan Data (Triwulanan dan Semesteran)

Triwulan I-2024
Laporan Survei Kebutuhan Data Triwulan I 2024 BPS Jawa Timur
1.85 mb
Triwulan II-2024
Laporan Survei Kebutuhan Data Triwulan II 2024 BPS Jawa Timur
2.65 mb
Triwulan III-2024
Laporan Survei Kebutuhan Data Triwulan III 2024 BPS Jawa Timur
2.36 mb
Semester I-2024
Laporan Survei Kebutuhan Data Semester I 2024 BPS Jawa Timur
2.77 mb



Penghargaan
  • Penghargaan Dari Kemenpan RB Terkait Predikat intansi WBK - WBBM

 

  • Penghargaan Berkaitan dengan Pelayanan Publik

              

  • Penghargaan Berkaitan Dengan Inovasi Pelayanan Publik

    

Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan :

  1. Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Ruang Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Jawa Timur
  2. Website Pengaduan BPS Pusat : https://webapps.bps.go.id/pengaduan
  3. Form Pengaduan BPS Provinsi Jawa Timur pada link berikut
  4. E-mail : bps3500@bps.go.id
  5. Whatsapp : 0821-6290-0900

Ruang Khusus Pengaduan

 

Statistik Aduan BPS Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

Booklet atau Leaflet Layanan

 




Sistem Statistik Nasional (Leaflet)
1.54 mb





Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis (Leaflet)
2.16 mb





Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral (Leaflet)
1.78 mb





Rekomendasi Kegiatan Statistik Online (Leaflet)
5.43 mb





BPS WebAPI (Leaflet)
1.25 mb





Aplikasi ALLSTATS BPS (Leaflet)
1.16 mb





Cara Mengunduh Data BPS (Leaflet)
6.2 mb





Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb





Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
306.06 kb





Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
961.03 kb





Transdata - Sistem Pertukaran Data K/L (Leaflet)
2.22 mb

     
      

Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
T. (021) 3841195,3842508,3810291-4, Ext : 1017
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial