Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS Kabupaten Gorontalo membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Fungai Diseminasi dan Layanan Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS Kabupaten Gorontalo telah menetapkan Keputusan Kepala BPS Kabupaten Gorontalo No. 0902108 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo.

Keputusan Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Nomor 0902108 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Kabupaten Gorontalo
1.12 mb

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan BPS Kabupaten Gorontalo merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  1. Pelayanan Perpustakaan
  2. Pelayanan Konsultasi Statistik
  3. Pelayanan Penjualan Produk Statistik
  4. Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

-

Keputusan Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Nomor 0902108 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Kabupaten Gorontalo
1.12 mb

Kompensasi Layanan
-
Jenis Layanan

*Setiap permintaan data akan dilayani sesuai dengan Keputusan Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Nomor 0902108 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Kabupaten Gorontalo.

Keputusan Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Nomor 0902108 Tahun 2024 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Kabupaten Gorontalo
1.12 mb

Peraturan Badan Pusat Statistik No. 2 Tahun 2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Rp0,00 (nol rupiah)
2.78 mb

Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

1.  Front Office Bagian Informasi di Unit Layanan

Front Office Bagian Informasi di Unit Layanan
1.02 mb

2.  Ruang Tunggu Pelayanan

Ruang Tunggu Pelayanan
2.21 mb

3.  Area Bermain Anak

Area Bermain Anak
190.41 kb

4.  Toilet Bersih, Sehat, dan Memadai

Toilet Bersih, Sehat, dan Memadai
822.45 kb

5.  Tempat Parkir Aman dan Nyaman

Tempat Parkir Aman dan Nyaman
863.89 kb

6.  Tempat Ibadah

Tempat Ibadah
179.09 kb

7.  Front Office Layanan Pengaduan Tatap Muka Langsung

Front Office Layanan Pengaduan Tatap Muka Langsung
719.63 kb
Pelaksana Layanan

Pelaksana Layanan meliputi:

  1. Petugas Front Office
  2. Petugas Layanan Konsultasi, Perpustakaan, Penjualan Produk Statistik, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik
  3. Petugas Layanan Pengaduan

Kompetensi Pelaksana Layanan:

  1. Memahami peraturan perundang-undangan
  2. Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik
  3. Menguasai prosedur pelayanan
  4. Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai
  5. Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi
  6. Mampu mengoperasikan sistem pelayanan
  7. Memiliki ketrampilan bahasa; dan 
  8. Bersikap ramah dan sopan.

Jaminan Pelayanan: 

Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Pelayanan Berkebutuhan Khusus

1.  Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus

Sarana dan Prasarana Bagi Pengguna Layanan yang Berkebutuhan Khusus
1.83 mb

2.  Ruang Laktasi

Ruang Laktasi
198.8 kb
Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar Hukum:
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Pelaksanaan Kegiatan:
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”

Periode Pelaksanaan:
Semesteran & Tahunan

Pelaksana Kegiatan:
Tim Analisis dan Diseminasi Informasi Statistik

Hasil Survei Kebutuhan Data:

Penghargaan

Penghargaan Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Gorontalo sebagai Terbaik 2 dalam Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) BPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo Tahun 2024

Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

  1. Pengaduan Langsung:
    Kotak saran dan pengaduan di meja registrasi
  2. Website
    https://s.bps.go.id/pengaduan7502
    https://lapor.go.id
    https://webapps.bps.go.id/pengaduan/wbs/
  3. E-mail
    lapor7502@bps.go.id
  4. Media Sosial
    Instagram: @bpskabgorontalo
    Facebook: BPS Kabupaten Gorontalo
    Tiktok: @bpskabgorontalo
    Youtube: BPS Kabupaten Gorontalo
Booklet atau Leaflet Layanan
Sistem Statistik Nasional (Leaflet)
1.54 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis (Leaflet)
2.16 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral (Leaflet)
1.78 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Online (Leaflet)
5.43 mb
BPS WebAPI (Leaflet)
1.25 mb
Aplikasi ALLSTAT BPS (Leaflet)
2.63 mb
Cara Mengunduh Data BPS (Leaflet)
6.2 mb
Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet)
6.13 mb
Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
306.06 kb
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
961.03 kb
Transdata - Sistem Pertukaran Data K/L (Leaflet)
2.22 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
T. (021) 3507057
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial