Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  1. Pelayanan Perpustakaan
  2. Pelayanan Konsultasi Statistik
  3. Pelayanan Penjualan Produk Statistik
  4. Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
Kebijakan Mutu Pelayanan

Kebijakan Mutu Pelayanan 2023

Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan
Maklumat Pelayanan PST BPS Provinsi Jawa Tengah 2024

Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Jawa Tengah

SK Standar Pelayanan PST 2024
5.54 mb
SK Maklumat Pelayanan PST 2024
1.42 mb
SK Tentang Standar Pelayanan di PST 2023
2.58 mb
SK Tentang Maklumat dan Motto PST 2023
862.83 kb
Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Surat Edaran Kompensasi Layanan 2024
589.65 kb
Dokumen Kompensasi Layanan Triwulan 1 Tahun 2024
364.02 kb
Surat Edaran Kompensasi Layanan 2023
591.86 kb
Dokumen Kompensasi Layanan Triwulan 4 Tahun 2023
360.95 kb
Jenis Layanan

STANDAR PELAYANAN STATISTIK TERPADU

STANDAR PELAYANAN PER JENIS LAYANAN

1. Standar Pelayanan Perpustakaan

2. Standar Pelayanan Penjualan Produk BPS

3. Standar Pelayanan Konsultasi Statistik

4. Standar Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik

SK Standar Pelayanan PST 2024
5.54 mb
SK Tentang Standar Pelayanan di PST 2023
2.58 mb

Standar Pelayanan Perpustakaan 2024
205.47 kb
Standar Pelayanan Penjualan Produk Statistik 2024
311.92 kb
Standar Pelayanan Konsultasi Statistik 2024
245.82 kb
Standar Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik 2024
245.48 kb

Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 Tentang PNBP yang berlaku di BPS
257.27 kb
Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Nol Rupiah
2.78 mb

Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

1. Front office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung

Front office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung 2024
1.58 mb
Front office layanan konsultasi dan informasi tatap muka langsung 2023
3.4 mb

2. Ruang tunggu pelayanan

Ruang Tunggu Pelayanan 2024
889.4 kb
Ruang tunggu Pelayanan 2023
1.6 mb

3. Arena bermain anak, kantin, fotocopy dan ATK

Arena bermain anak, kantin, fotocopy dan ATK 2024
711.65 kb
Arena bermain anak, kantin, fotocopy dan ATK 2023
1.86 mb

4. Toilet khusus pengguna layanan yang bersih, sehat dan memadai

Toilet khusus pengguna layanan yang bersih, sehat dan memadai
1.17 mb

5. Tempat parkir aman dan nyaman

Tempat parkir aman dan nyaman 2024
941.06 kb
Tempat parkir aman dan nyaman 2023
945.03 kb

6. Tempat ibadah

Tempat Ibadah
370.12 kb

7. Front office layanan pengaduan tatap muka langsung

Front office layanan pengaduan tatap muka langsung 2024
265.34 kb
Front office layanan pengaduan tatap muka langsung 2023
677.51 kb
Pelaksana Layanan

Pelaksana Layanan meliputi :

1. Petugas Front Office

2. Petugas Layanan Konsultasi, Perpustakaan, Penjualan Produk BPS, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik

3. Petugas Layanan Pengaduan

Kompetensi Pelaksana Layanan :

1.  Memahami peraturan perundang-undangan.

2.  Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik.

3.  Menguasai prosedur pelayanan.

4.  Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai. 

5.  Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi.

6.  Mampu mengoperasikan sistem pelayanan.

7.  Memiliki ketrampilan bahasa; dan 

8. Bersikap ramah dan sopan.

Jaminan Pelayanan :

Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Surat Edaran Penghargaan dan Sanksi 2024
1.4 mb
Pelayanan Berkebutuhan Khusus

Alur Layanan Bagi Penyandang Disabilitas

1. Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus

Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus 2024
1.21 mb
Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus 2023
5.52 mb

2. Ruang laktasi, ibu hamil, dan balita

Ruang laktasi, ibu hamil, dan balita 2024
361.06 kb
Ruang laktasi, ibu hamil, dan balita 2023
844.25 kb

Fasilitas-fasilitas selengkapnya dapat disaksikan pada video berikut:

Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar hukum :
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik


Pelaksanaan Kegiatan :
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”

Periode Pelaksanaan :
1. Triwulanan dan Tahunan melalui Survei Kebutuhan Data
2. Setiap Saat melalui rating survey : https://webapps.bps.go.id/jateng/kepuasan-layanan/


Pelaksana Kegiatan :
Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Jawa Tengah

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data Semester 2 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan IV 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan III 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data Semester 1 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan 2 2024 :

Berikut Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan 1 2024 :

Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulanan dan Semesteran tahun 2024 dapat diakses pada link berikut:

Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Semester II 2024
2.98 mb
Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan IV 2024
3.62 mb
Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan III 2024
2.55 mb
Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Semester I 2024
2.65 mb
Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan II 2024
3.66 mb
Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan I 2024
3.2 mb

Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Tahunan dapat diakses pada link berikut:

Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Provinsi Jawa Tengah 2024 dapat diunduh disini

Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Provinsi Jawa Tengah 2023 dapat diunduh disini

Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Provinsi Jawa Tengah 2022 dapat diunduh disini

Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Provinsi Jawa Tengah 2021 dapat diunduh disini

Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Provinsi Jawa Tengah 2020 dapat diunduh disini

Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Provinsi Jawa Tengah 2019 dapat diunduh disini

Penghargaan

Penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah sebagai Badan Publik Informatif tahun 2024

Sertifikasi ISO 9001:2015 (Quality Management Systems) pada Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Jawa Tengah (Layanan Online) Tahun 2023

Penghargaan dari Badan Pusat Statistik sebagai Pembina Pojok Statistik Universitas Sebelas Maret (Terbaik IV) dalam Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pojok Statistik Tahun 2023

Penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah sebagai Badan Publik Menuju Informatif tahun 2023

Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Tahun 2021

Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Jawa Tengah Lantai 1
Website : https://webapps.bps.go.id/jateng/pengaduan/
E-mail : jateng@bps.go.id
WA : 0815-6770-1212

SK TIM PENGELOLA PENGADUAN JAWA TENGAH 2024
3.56 mb
SK Pengaduan Layanan PST 2024
2.93 mb
SK Pengaduan Layanan PST 2023
1.19 mb
Booklet atau Leaflet Layanan
Standar Layanan Konsultasi Statistik 2024
288.68 kb
Standar Layanan Perpustakaan 2024
273.62 kb
Standar Layanan Penjualan Produk Statistik 2024
321.42 kb
Standar Layanan Rekomendasi Kegiatan Statistik 2024
280.67 kb
Leaflet Indikator Strategis 2023
1.27 mb
Sistem Statistik Nasional (Leaflet)
1.54 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik dalam Infografis (Leaflet)
2.16 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral (Leaflet)
1.78 mb
Rekomendasi Kegiatan Statistik Online (Leaflet)
5.43 mb
BPS WebAPI (Leaflet)
1.25 mb
Aplikasi ALLSTATS BPS (Leaflet)
1.16 mb
Cara Mengunduh Data BPS (Leaflet)
6.2 mb
Pengenaan Tarif Nol Rupiah di BPS (Leaflet
6.13 mb
Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
306.06 kb
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS (Leaflet)
961.03 kb
Transdata - Sistem Pertukaran Data K/L (Leaflet)
2.22 mb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
T. (021) 3841195,3842508,3810291-4, Ext : 1017
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial