Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

STANDAR PELAYANAN STATISTIK TERPADU TAHUN 2025

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
Memperpendek proses pelayanan;
Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

Pelayanan Perpustakaan

Pelayanan Konsultasi Statistik

Pelayanan Penjualan Produk Statistik

Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik

Standar Pelayanan (Kepka BPS Nomor 24 Tahun 2025)               

Kepka BPS Pelayanan Statistik Terpadu BPS Karanganyar 2025
1.46 mb

Standar Pelayanan (Perka BPS Nomor 65 Tahun 2024)              

Perka 65_2024 Standar Pelayanan Statistik Terpadu
5.04 mb

Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan

            

Standar Pelayanan (Kepka BPS Nomor 24 Tahun 2025) 

Kepka BPS Pelayanan Statistik Terpadu BPS Karanganyar 2025
1.46 mb

Standar Pelayanan (Perka BPS Nomor 65 Tahun 2024)               

Perka 65_2024 Standar Pelayanan Statistik Terpadu
5.04 mb

Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Jenis Layanan

BPS Kabupeten Karanganyar sebagai penyelenggara pelayanan publik bersama-sama dengan perwakilan masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik BPS dan narasumber di bidang pelayanan publik, telah menghasilkan kesepakatan Standar Pelayanan Publik di lingkungan Badan Pusat Statistik Kabupeten Karangannyar sebagai berikut:

LAYANAN NOL RUPIAH
2.78 mb

Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

Pelaksana Layanan

Pelaksana Layanan meliputi :

1. Petugas Front Office

2. Petugas Layanan Konsultasi, Perpustakaan, Penjualan Produk BPS, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik

3. Petugas Layanan Pengaduan

Kompetensi Pelaksana Layanan :

1.  Memahami peraturan perundang-undangan.

2.  Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik.

3.  Menguasai prosedur pelayanan.

4.  Memiliki pengetahuan tentang statistik yang memadai. 

5.  Memiliki keterampilan pemanfaatan teknologi informasi.

6.  Mampu mengoperasikan sistem pelayanan.

7.  Memiliki ketrampilan bahasa; dan 

8. Bersikap ramah dan sopan.

Jaminan Pelayanan :

Pelayanan dilaksanakan oleh petugas yang profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan

Pelayanan Berkebutuhan Khusus

Fasilitas-fasilitas yang disediakan BPS Kabupaten Karanganyar terdiri dari:

  • Fasilitas untuk mempermudah informasi dapat melalaui online dengan e-mail : bps3313@bps.go.id
  • Sarana dan prasarana khusus disabilitas dan akses kursi roda
  • Ruang Pelayanan Statistik Terpadu (PST)
  • ruang Laktasi

1. Sarana dan prasarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus. Kursi Roda dan Jalurnya                

Sarana bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus
4.31 mb
Sarana dan prasarana 3313
1.49 mb

2. Ruang laktasi, ibu hamil, dan balita

Ruang laktasi, ibu hamil, dan balita
520.07 kb
Survei Kepuasan Masyarakat

Survei Kepuasan Masyarakat
Dasar hukum                  : PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Pelaksanaan Kegiatan   : Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan     : Tahunan
Pelaksana Kegiatan       : Fungsi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS)

Laporan Tindak Lanjut Hasil SKD tahun 2024

Laporan Tindak Lamjut Hasil SKD tahun 2024
1.5 mb

Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data (SKD) BPS Kabupaten Karanganyar 2024  

               

Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Karanganyar 2024
4.98 mb

   

Laporan SKD Semester  2 tahun 2024
3.69 mb       

               

Laporan SKD Triwulan 4
3.54 mb

               

Laporan Hasil SKD Triwulan III 2024 Kabupaten Karanganyar
1.62 mb

 

Laporan Hasil SKD BPS Kab Karanganyar Semester 1 tahun 2024
3.43 mb

               

Laporan Hasil SKD BPS Kab Karanganyar Triwulan 2 , 2024
3.59 mb

Laporan Hasil SKD BPS Kab Karanganyar Triwulan 1 tahun 2024
2.46 mb

Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Karanganyar tahun 2023
1.86 mb
SKD2022
7.7 mb
SKD2021
2.32 mb
SKD2020
6.62 mb
SKD2019
2.23 mb

Penghargaan

.

.

.

.

PENGHARGAAN PREDIKAT TERBAIK DALAM PENGELOLAAN BMN
 

PENGHARGAAN PREDIKAT TERBAIK KE 3 DALAM PENGELOLAAN ARSIP 

PENGHARGAAN PREDIKAT HARAPAN 1 DALAM PENGOLAHAN DATA

PENGHARGAAN PREDIKAT TERBAIK KE 2 DALAM STATISTIK KEUANGAN

PENGHARGAAN PREDIKAT TERBAIK KE 2 DALAM STATISTIK KETAHANAN SOSIAL

PENGHARGAAN PREDIKAT TERBAIK KE 3 DALAM IMPLEMENTASI DIGITALISASI PEMBAYARAN MENGGUNAKAN CMS

Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

Pengaduan Langsung :

Kotak saran & pengaduan di Kantor BPS Kabupaten Karanganyar
Jl Majapahit no.11B.
Kompleks Perkantoran Cangakan
Kabupaten Karanganyar. 

E-mail : bps3313@bps.go.id
WA : 0896 0593 3133

FoRM Pengaduan (SAPA BPS)

https://s.bps.go.id/pengaduan3313

Monitoring Penanganan Pengaduan yang masuk

               

Laporan Monev Pengaduan Masyarakat SMT I Tahun 2024
92.29 kb

Laporan pengelolaan pengaduan Maret-Juli 2024
649.81 kb

               

Laporan pengelolaan Pengaduan Jan-Feb 2024
429.92 kb

Alur Pengaduan 

Booklet atau Leaflet Layanan
Metadata dan SIRuSa
5.57 mb

Akses Mikrodata
1.25 mb

Sistem Informasi Geografis
880.13 kb

Akses Data Sektoral
2.35 mb

Forum BPS
662.49 kb
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial