Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Dalam menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, Kepala BPS telah menetapkan Peraturan Kepala BPS No. 78 tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan Badan Pusat Statistik.

Perka BPS Nomor 78 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS
2 mb

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

Pelayanan Perpustakaan;
Pelayanan Konsultasi Statistik melalui Media Datang Langsung;
Pelayanan Konsultasi Statistik melalui Media Online;
Pelayanan Penjualan Publikasi melalui Media Datang Langsung;
Pelayanan Penjualan Publikasi melalui Media Online;
Pelayanan Penjualan Data Mikro dan Peta Digital Wilayah Kerja Statistik melalui Media Datang Langsung;
Pelayanan Penjualan Data Mikro dan Peta Digital Wilayah Kerja Statistik melalui Media Online; dan
Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.

Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan
SK Penetapan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Kabupaten Bulungan
5.28 mb
SK Penetapan Maklumat Pelayanan Statistik Terpadu di Lingkungan BPS Kabupaten Bulungan
1.17 mb
Kompensasi Layanan
-
Jenis Layanan
-
Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan
-
Pelaksana Layanan
-
Pelayanan Berkebutuhan Khusus
-
Survei Kepuasan Masyarakat
Dasar Hukum :

PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Peraturan Kepala BPS Nomor 99 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Survei Kebutuhan Data di Lingkungan Badan Pusat Statistik

Pelaksanaan Kegiatan : Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”
Periode Pelaksanaan : Triwulanan

Berikut adalah daftar publikasi Hasil Survei Kebutuhan Data Tahunan BPS Kabupaten Bulungan:

Berikut adalah daftar publikasi Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulanan BPS Kabupaten Bulungan:

No Uraian Link  Unduh
1 Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data 2024 BPS Kabupaten Bulungan Tahun 2024 Unduh
2 Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Semester 1 BPS Kabupaten Bulungan Tahun 2024 Unduh
3 Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Semester 2 BPS Kabupaten Bulungan Tahun 2024 Unduh
4 Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data 2025 Triwulan 1 BPS Kabupaten Bulungan Unduh
5 Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data 2025 Triwulan 2 BPS Kabupaten Bulungan Unduh
6 Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data 2025 Triwulan 3 BPS Kabupaten Bulungan Unduh

Penghargaan
-
Pengaduan

Untuk memudahkan Anda, berikut media konsultasi dan/atau pengaduan, serta penyampaian kritik, saran, dan masukan, yang dapat ditempuh sesuai kebutuhan:

  1. Pengaduan Langsung: Kotak Saran dan Pengaduan di Ruang PST BPS Kabupaten Bulungan
  2. Website
    https://www.lapor.go.id/
    https://webapps.bps.go.id/pengaduan
  3. Faksimile: Sekretariat Layanan Konsultasi dan Pengaduan BPS: 021-3842452
  4. Email: bps6502@bps.go.id
  5. WhatsApp: 0852-4964-6837
  6. Media Sosial: @bpskabbulungan
  7. Lainnya: https://forms.gle/QaFskFXzRmkES5MRA
Jenis Laporan Periode Nama File Ukuran Aksi
Pengaduan 2023 Laporan Pengelolaan Pengaduan Tahun 2023 423.8 KB Unduh
Pengaduan 2024 Laporan Pengelolaan Pengaduan Tahun 2024 1.56 MB Unduh
Pengaduan Jan–Mei 2025 Laporan Pengelolaan Pengaduan Jan–Mei 2025 475.97 KB Unduh
Konsultasi 2024 Laporan Penanganan Konsultasi Tahun 2024 410.99 KB Unduh
Konsultasi Jan–Mei 2025 Laporan Penanganan Konsultasi Jan–Mei 2025 1.1 MB Unduh
Booklet atau Leaflet Layanan
-
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial