Layanan BPS

Pelayanan Statistik Terpadu

BPS merupakan institusi penyelenggara yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang pelaksanaannya diatur Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012, pada Pasal 11 disampaikan bahwa penyelenggara pelayanan publik dapat menyelenggarakan sistem pelayanan terpadu yang bertujuan untuk:

  • Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada Masyarakat;
  • Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat;
  • Memperpendek proses pelayanan;
  • Mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau; dan
  • Memberikan akses yang lebih luas kepada Masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

Pada Pasal 22 ditetapkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar pelayanan merupakan tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Dimana dalam menyusun Standar Pelayanan, penyelenggara harus mengikutsertakan masyarakat dan pihak yang petunjuk teknis penyusunan, penetapan, dan penerapan Standar Pelayanan diatur pada PermenPAN-RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Dalam menerapkan Standar Pelayanan, Penyelenggara wajib menyusun dan menetapkan Maklumat Pelayanan. Maklumat Pelayanan merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban Penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan.

Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan terpadu, BPS membangun Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang dilaksanakan oleh Pejabat dan Pegawai pada Direktorat Diseminasi Statistik. PST BPS adalah pemberian pelayanan data dan kegiatan statistik dari beberapa jenis pelayanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu oleh satu unit kerja sebagai penanggung jawab.

Standar Pelayanan Statistik Terpadu adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan komitmen Badan Pusat Statistik dalam rangka pelayanan statistik terpadu yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Penyelenggaraan Standar Pelayanan Statistik Terpadu di lingkungan Badan Pusat Statistik merupakan implementasi dari Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik, yang bersifat pelayanan langsung (offline) dan tidak langsung (online), yang meliputi:

  • Pelayanan Perpustakaan;
  • Pelayanan Konsultasi Statistik baik offline maupun online
  • Pelayanan Produk Statistik Berbayar baik offline maupun online
  • Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik.
Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan
Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Maluku

Unduh SK Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Maluku :
SK Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Maluku
2.3 mb

Unduh Standar Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Maluku untuk masing-masing jenis layanan :

1. Standar Pelayanan Perpustakaan
159 kb
2. Standar Pelayanan Konsultasi Statistik
193 kb
3. Standar Pelayanan Penjualan Produk Statistik Berbayar
247 kb
4. Standar Pelayanan Rekomendasi Kegiatan Statistik
136 kb

Maklumat Pelayanan BPS Provinsi Maluku

Kebijakan Mutu Pelayanan
Kompensasi Layanan

Salah satu bentuk perwujudan penyelenggaraan  pelayanan publik yang prima di Lingkungan BPS adalah pemberian kompensasi kepada Penerima Layanan PST. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan publik bertujuan untuk menjamin keadilan dan kepuasan manakala layanan yang diterima tidak sesuai dengan standar pelayanan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Jenis Layanan

Layanan Pada PST BPS Provinsi Maluku

Motto Pelayanan

Sarana Prasarana Pelayanan

Berikut ini sarana dan prasarana di PST BPS Provinsi Maluku :

  1. Sarana Frontoffice dan Ruang Tunggu
  2. Sarana Toilet
  3. Sarana untuk Kelompok Rentan
  4. Sarana Penunjang lainnya
Pelaksana Layanan

Layanan Statistik BPS Provinsi Maluku terdiri dari 4 Jenis layanan yaitu Layanan Perpustakaan, Layanan Konsultasi Statistik, Layanan Produk Statistik Berbayar, dan Layanan Rekomendasi Kegiatan Statistik. Selain 4 jenis layanan utama tersebut, BPS Provinsi Maluku juga menerima permintaan layanan lain sebagai layanan pendukung seperti pengaduan layanan, pembinaan statistik sektoral, serta permintan informasi publik.

Untuk mendukung terlaksananya seluruh proses pelayanan maka BPS Provinsi Maluku membentuk tim yang khusus melaksanakan pelayanan statistik. Penentuan tim tersebut dapat dilihat pada Surat Keputusan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku Nomor 54 Tahun 2025 tanggal 2 Januari 2025 tentang Tim Kerja Pelayanan Statistik Terpadu (PST) badan Pusat Statistik Provinsi Maluku Tahun 2025.  

Unduh Surat Keputuas Tim PST BPS Provinsi Maluku

.

Pelayanan Berkebutuhan Khusus
-
Survei Kepuasan Masyarakat

Dasar hukum
PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di BPS Provinsi Maluku diintegrasikan dengan kegiatan “Survei Kebutuhan Data (SKD)”

Periode Pelaksanaan
1. Tahunan
2. Semesteran
3. Setiap Saat melalui three color survey/rating survey

Hasil Survei Kebutuhan Data Tahunan

Unduh Publikasi Hasil Survei Kebutuhan Data Tahunan 2018 - 2024 :

  1. Unduh Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2024
  2. Unduh Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2023
  3. Unduh Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2022
  4. Unduh Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2021
  5. Unduh Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2020
  6. Unduh Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2019
  7. Unduh Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2018

Unduh Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulanan :

  1. Unduh Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan I 2025
  2. Unduh Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan II 2025
  3. Unduh Laporan Hasil Survei Kebutuhan Data Triwulan III 2025

Hasil Three Color Survei/Rating Survey

  1. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan I 2023
  2. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan II 2023
  3. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan III 2023
  4. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan IV 2023
  5. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan I 2024
  6. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan II 2024
  7. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan III 2024
  8. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan IV 2024
  9. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan I 2025
  10. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan II 2025
  11. Unduh Hasil Three Color Survey/Rating Survey Triwulan III 2025

Hasil Survei SKM/SKL - FGD MDA 2024

  1. Unduh Laporan Hasil SKM/SKL - FGD MDA 2024
  2. Unduh Laporan Hasil SKM/SKL - FGD MDA 2023

Penghargaan

Pengaduan

Penanganan Pengaduan, Saran, Masukan:

  • Pengaduan Langsung : Kotak saran & pengaduan di Kantor BPS Provinsi Maluku
  • Website : https://lapor.go.id atau https://pengaduan.bpsmaluku.com atau https://wbs.bpsmaluku.com
  • E-mail : pst8100@bps.go.id atau pengaduan8100@gmail.com
  • SMS/Whatsapp :  0821 3045 6435

Bagan Alur Umum Pengaduan di PST BPS Provinsi Maluku

Laporan Pengaduan 

Tahun 2024

  1. Unduh Laporan Pengaduan BPS Provinsi Maluku TW I 2024
  2. Unduh Laporan Pengaduan BPS Provinsi Maluku TW II 2024
  3. Unduh Laporan Pengaduan BPS Provinsi Maluku TW III 2024
  4. Unduh Laporan Pengaduan BPS Provinsi Maluku TW IV 2024

Tahun 2023

1. Unduh Laporan Pengaduan BPS Provinsi Maluku 2023

Laporan Span Lapor

  1. Unduh Laporan Span Lapor Semester I 2024
  2. Unduh Laporan Span Lapor Semseter II 2024
Booklet atau Leaflet Layanan
-
Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi

Badan Pusat Statistik

Gedung 2 Lantai 1
(Kepala Biro Humas dan Hukum Badan Pusat Statistik)
Jln. Dr. Sutomo 6-8, Jakarta Pusat 10710
F. (021) 3857046
e-mail: ppid@bps.go.id

Ikuti Kami
di Media Sosial